==== Life is Better when Share====

Rabu, 24 November 2010

Mengenal Teknologi PageRank

Awalnya sich saya bingung ketika ditanya blog kamu pageranknya berapa ( PR )???ola olo...tapi akhirnya paham juga ketika saya sering kumpul sama teman teman blogger dan cari informasi pada guru Google. pagerank bagi para netter kususnya kaum blogger sudah bukan hal yang asing tetapi sangat familiar. apalagi i dunia SEO (Search Engine Optimization).

PageRank adalah sebuah metode yang digunakan Google untuk menentukan seberapa penting content yang disajikan oleh sebuah website. Dalam menentukan rangking, secara umum Google menggunakan dua faktor, yaitu faktor internal (relevansi title, keyword pada content, dll) dan faktor eksternal (PageRank). Kedua faktor ini dikombinasikan untuk menampilkan search result yang relevan. PageRank sendiri merupakan faktor eksternal yang perhitungan dasarnya diambil dari link popularity, yaitu banyaknya link yang mengarah pada sebuah website. Halaman-halaman web yang dianggap penting, akan menduduki rangking yang lebih tinggi pada hasil pencarian.

Dasar teorinya seperti ini. Jika page A memasang link ke page B, maka page A menganggap bahwa page B adalah sebuah halaman yang penting. Jika page C juga memasang link ke page B, maka page B juga dianggap penting oleh page C. Jika semakin banyak halaman-halaman lain yang memasang link ke page B, maka kedudukan page B akan semakin penting. Dengan teori Google, score PageRank-nya akan semakin tinggi. Link-link yang diperhitungkan adalah direct link yang dipasang dengan tag mengarah langsung ke halaman bersangkutan. Jadi bukan redirect link yang ditangani script-script CGI (misalnya link pada iklan banner).

Bagaimana kita mengetahui score PageRank dari sebuah website ? Saat ini satu-satunya cara adalah dengan menggunakan Google Toolbar for Internet Explorer. Anda bisa mendownloadnya di
http://toolbar.google.com. Toolbar ini hanya bisa dipakai pada browser Internet Explorer. Jika sudah terinstall, pada bagian atas browser Anda akan terlihat sebuah indikator grafik bernilai 0-10. Jika Anda masuk ke sebuah website, maka indikator ini secara otomatis akan menunjukkan PageRank score dari website yang bersangkutan. Semakin besar PageRank score yang ditunjukkan, maka semakin penting pula posisi website tersebut menurut Google.

Apakah toolbar ini cukup akurat ? Menurut beberapa sumber di internet, score PageRank yang ditunjukkan oleh Google toolbar memakai sistem skala. Misalnya jika score pagerank antara 1-5, maka toolbar akan menunjukkan nilai 1, jika 5-25 akan bernilai 2, dan seterusnya. Namun tak seorangpun mengetahui skala yang sebenarnya, kecuali Google. Toolbar hanya menunjukkan di kelompok mana score pagerank website Anda berada, bukan score PageRank yang sebenarnya.

Untuk menghitung score PageRank tidak semata-mata dilihat dari jumlah link, namun juga dilihat kualitas link yang bersangkutan. Sebagai contoh, Yahoo.com memiliki score PageRank 10. Sehingga jika Yahoo.com memasang link ke website Anda akan jauh lebih diperhitungkan daripada 20 link dari website biasa yang hanya memiliki score PageRank 1. Satu link bisa mengalahkan 20 link karena perbedaan kualiatasnya. Jadi dalam hal ini kualitas lebih penting dari kuantitas.

Sekarang Anda sudah mempunyai sedikit gambaran mengenai Google PageRank, dan Anda pasti penasaran untuk mengetahui berapa PageRank dari website Anda. Untuk meningkatkan score PageRank secara cepat, cara termudah adalah dengan barter link atau memasang link pada website-website yang score PageRanknya tinggi. Jangan lupa untuk memperhatikan faktor-faktor internal seperti pengoptimalan title dan content.
selamat berjuang menaikkan page rank..


2 komentar:

nawi mengatakan...

thx info nya...

BLOG-SANTAI mengatakan...

blogku lum ada PR-nya boss..
Hehehe
Akhirnya tau PR juga

Posting Komentar