==== Life is Better when Share====

Jumat, 01 Agustus 2008

Siapakah Pemimpin Kita Kedepan???



Ketika membaca majalah Gemari Edisi April kemaren aku liat foto - foto diatas mantap untuk aku posting dalam web pribadiku ini. kalau di majalah diambil judul 99 Tahun kebangkitan Nasional kalau di webku ini aku kasih judul siapa pemimpin kita kedepan???

Apakah ada yang di foto diatas ya?????????he2

berhubung 2009 udah didepan mata, partai2 pun dah sibuk verifikasi biar bisa ikut pemilu. dan kemaren dah kita liat berita bahwa udah sekitar 34 Partai ikut dalam pesta Demokrasi 5 tahunan itu. mulai dari partai naga sampai partai gurem dah siap2 menyambut acara itu. Calon Presiden Dan Wapres dan mulai disiapkan oleh partai masing - masing.
tapi itu ga terlalu penting sebab yg gw rasakan partai2 itu ga ,mewakili aspirasi rakyat..

cuman yang jadi pertanyaan adalah siapa kira2 calon yang pantas untuk jadi RI-1...
dan sepertinya  muka - muka lama akan bersemi kembali. udah gak usah disebutkan para pembaca mungkin dah dapat menebak, mungkin mereka sekarang dah mulai menebar pesonan dimana - mana demi perolehan suaranya nanti...

apakah ini salah satu kegagalan partai sebagai sebuah organisasi dan sebagai wadah untuk mengkader anggotanya..
karena partai2 seharusnya melahirkan pemimpin2 baru, ga hanya terus2an muka lama yang track recordnya dah jelas.. dan ga memuaskan..

klo menurut kalian ada ga sih calon yang memberikan harapan?? siapa dan mengapa?? ada usul??

klo menurut gw, untuk memimpin Indonesia yang kompleks ini, dibutuhkan pemimpin yang otoriter namun karismatik, lebih mementingkan nasib rakyat daripada golongan , tidak mudah oleh pihak asing,,

Bulan agustus nie bulan kemerdekaan,,apakah kita dah merdeka?????
Postingan selanjutnya..ditunggu

Noersam

Rabu, 30 Juli 2008

NGABAR ketemu BLOROCK ( Blogger Warock )








Hayoooo aku yang mana??????????

Foto diatas adalah foto acara para anak2 Blogger Ponorogo di angkringan jagung bakar depan DPR ponorogo dan pasnya di tenda biru miliknya bapakkk????lupa aku..

Dilihat sebentar mungkin pikiran kita paling anak - anak itu ( yang cakep - cakep dan imoet imoet ) cuma makan jagung bakar dan foto foto doang ( thu liat ,,,pada narsis )he2..

Tapi tidak cuma itu ,,banyak hal yang mereka bicarakan dalam forum Jagung Bakar itu. tentunya membahas tentang Blogger Ponorogo. walaupun pembicaraan nyantai dan terlihat rileks dari awal pembicaraan tapi penuh dialektika.

Menyempatkan hadir pada acara semalam kawan-kawan Blogger Ponorogo, diantaranya ada Wongbagoes, Noersam ( aku nie ), Arifudin, Dafhy, Iephe, Unting, Rosi dan Eko. Beberapa kawan lain terpaksa tidak bisa hadir karena beberapa hal diantaranya Meylya, Ndezo, Gajahpesing, Susilo, Vinie (Kau dan Aku), Emnoer juga Bodcah…serta kawan lain yang maaf tidak tersebutkan..

Pembicaraan malam itu , pertama kita sepakat kalo kita membentuk Kumpulan Blogger Ponorogo. dan pada malam hari itu juga kita sepakati kalo namanya adalah BLOROCK Comunity ( Blogger Warock ). yang warock itu adalah ciri kas orang Ponorogo selain Reog. Dan nama ini akan di louncingkan dalam moment hari jadi kota Reog Tercinta.

Oiaaaa kawan - kawan..NGABAR kedua pada hari Sabtu [02/08/2008] pukul 13.00 di Fresh Cafe’ Selatan Unmuh/STAIN Ponorogo..pada dateng ya..bagi blogger Ponorogo yang ada di luar kota dan di luar negeri pada pulang semua..kita pada rame - rame NGABAR..he2..
Ditunggu kedangannya semuanya...........

Semoga BLOROCK bisa sejajar dengan kumpulan Blogger yang telah lama berdiri seperti Cah Andong, Tugu Pahlawan, Anging Mamiri, Batagor, Blogger Ngalam dan komunitas yang lain...oceyyy..

Kita Bangun Ponorogo bersama - sama

Senin, 28 Juli 2008

Pagi yang Cerah

Selamat pagi duniaaa????

pa kabar????

Pagi ini sebelum keluar browsing sebentar n sekedar ngisi postingan di blog biar gak sepi. ya...sebagai my small diary yang siap menampung segala apapun yang aku rasakan.

sukses dah bwat semuanya
Tetep semangat

Noersam

PD IRM POnorogo Akhiri Roadshow Fortasi

Setelah hampir 2 minggu PD IRM POnorogo mengadakan roadshow Fortasi di sekolah - sekolah muhammadiyah se-kabupaten Ponorogo akhirnya di akhiri pada hari Jum'at kemaren di SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo yang pesertanya hampir 100 Peserta.

Memang ini salah satu Program dari IRM sebagai pendayagunaan rating sebagai ujung tombak pergerakan, jadi kami harusa selalu turun ke akar rumput untuk melihat kondisi dari ranting sekolah itu sendiri, acara ini juga sebagai tujuan pengenalan IRM pada murid - murid baru yang mungkin pada awalnya belum mengenal atau belum tahu IRM sehingga ketika mereka masuk sekolah sudah tidak asing dengan IRM. materi ke - IRMan kami kerucutkan dalam konteks perubahan nama ke IPM. jadi selain tahun historis IRM juga harus tahu berita terkini dari IRM se Nusantara.

Banyak materi yang disampaikan dalam acara fortasi. tidak hanya dalam hal ke-IRMan tapi menyangkut ke-Islaman. dll..

Sukses dah Buwat IRM, Ponorogo bentar lagi mau Jalanin Program dari PIP yaitu STUDY CLUB dan Konpicab pada akhir agustus nanti.

Bravo IRM

Noersam

Jumat, 25 Juli 2008

Dibalik?????

Setiap hari aku tertawa
Setiap hari aku bisa tersenyum
Ke semua orang...

Tapi apakah itu hanya sebuah kebohongan belaka
kalo dibalik itu semua
hatiku menangis
hatiku pedih
hatiku bimbang

Inginku cepat pergi
Tapi aku blm memberikan yang terbaik buwat semuanya yang dekat denganku

Yaa Allah berilah jalan yang terbaik bwat hamba
Sehingga aku bisa terus bersujud dihadapMu
Setiap hari bisa bersamaMu

Noersam

Kapan Semua Ini bisa Aku Lalui

Tuhan????????
Apakah aku ini terlalu banyak dosa ya.......
Sehingga semua yang aku harapkan tidak sesuai pa yang ku harapkan..

Tuhan????????
Apa ini cobaan
agar aku lebih tegar tuk menghadapi

Kalaupun ini ujian
Aku mohon,,,tabahkanlah hatiku
Kuatkanlah Imanku
Biar ku tetap bersamamu ya Rabb..

Ya Rabb..
Berilah hambamu ini jalan yang terbaik
Jaln yang engkau Ridhoi
Sehingga batinku ini tidak selalu perang
Perang antara baik dan buruk..

Ya Rabb...
Ampunilah segala dosa hambamu ini
Terlalu banyak air mata yang jatuh
Hanya untuk menyesali

Tapi...
Jalan yang terbaik belum aku temukan
Jalan yang penuh dengan kebahagiaan...

Setiap hari aku menyebut Nama-Mu..
Aku Mohon Pada Engkau ya Rabb..

HIDUPKAN HATIKU
SUCIKAN HATIKU KEMBALI
DATANGKAN HIDAYAHMU KEMBALI YA RABB

Rabu, 23 Juli 2008

Saatnya Waga Jatim Memilih

Saatnya Warga Jatim Memilih
Hari Ini 29 Juta Pemilih Tentukan Gubernur Baru

SURABAYA - Hari ini warga Jawa Timur memiliki gawe besar. Yakni, Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2008 secara langsung. Inilah pilgub langsung pertama di provinsi paling timur Pulau Jawa tersebut.

Lebih dari 29 juta orang terdaftar sebagai pemilih. Mereka akan menggunakan hak pilih di 62.756 tempat pemungutan suara (TPS) dan 217 TPS khusus yang dibuka mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB.

Pada coblosan hari ini, warga Jatim bakal memilih satu di antara lima cagub-cawagub. Berdasarkan nomor urut, mereka adalah duet Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono alias Kaji (diusung PPP-koalisi partai nonparlemen), Sutjipto-Ridwan Hisjam atau SR (diusung PDIP), Soenarjo-Ali Maschan Moesa atau Salam (diusung Partai Golkar), Achmady-Suhartono atau Achsan (diusung PKB), serta pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf alias Karsa (diusung koalisi PAN-PD dan didukung PKS).

Lewat perhelatan pilgub inilah, suara warga Jatim bakal menjadi salah satu penentu nasib provinsi ini lima tahun ke depan. Karena itu, satu suara menjadi begitu berarti.

Tak ingin momen tersebut terlewatkan begitu saja, seluruh elemen yang terlibat dalam pilgub kompak menyeru kepada para pemilih untuk menggunakan haknya alias tidak golput. "Saat inilah nasib Jatim ada di tangan Anda. Karena itu, kami berharap seluruh masyarakat datang ke TPS masing-masing dan mencoblos calon yang sesuai dengan hati nurani," kata Ketua KPU Jatim Wahyudi Purnomo kemarin.

Yang jelas, dengan lima kontestan, tidak mudah bagi setiap pasangan calon untuk memenangi pertarungan. Bila perolehan suara mereka tak mencapai minimal 30 persen, dua urutan teratas harus bertarung lagi pada putaran kedua yang jadwalnya belum ditentukan.

Lantas, pasangan mana yang berpeluang menang? Dari lima pasang cagub-cawagub yang bertarung, masing-masing memiliki kelebihan yang berpotensi membuat mereka menang. Karena itu, masih susah ditebak siapa yang bakal menang dalam coblosan hari ini.

Duet Kaji, misalnya. Sosok Khofifah sebagai ketua Muslimat NU bisa menjadi magnet bagi warga Jatim (yang mayoritas nahdliyin) dan kaum perempuan untuk memilihnya. Sebab, Khofifah adalah satu-satunya kandidat perempuan dalam pilgub kali ini. Sementara, jumlah suara perempuan sangat besar. Dari total 29,061 juta pemilih, 14,79 juta atau lebih dari separonya adalah perempuan.

Duet SR juga memiliki kans untuk bersaing. Dukungan penuh PDIP kepada duet itu menjadi modal kuat. Dari hasil Pemilu 2004, suara PDIP terbesar kedua di Jatim setelah PKB. Sebagian pilkada di Jatim juga dimenangi partai tersebut.

Demikian juga sosok Ridwan Hisjam. Sebagai ketua Kosgoro 1957 Jatim, Ridwan berpotensi menggerogoti suara Partai Golkar. Apalagi, jaringan Ridwan di luar partai juga cukup lama terbangun.

Duet Salam pun berpeluang meraih kemenangan. Sosok Soenarjo sudah begitu akrab bagi sebagian warga Jatim. Selain dikenal sebagai Wagub, dia terkenal sebagai dalang andal wayang kulit. Bahkan, karena dalang inilah Soenarjo banyak dikenal publik.

Popularitas Soenarjo diimbangi oleh masuknya sosok Ali Maschan Moesa. Sebagai mantan ketua PW NU Jatim dua kali, "kadar" ke-NU-annya tidak diragukan lagi. Modal inilah yang membuat dosen IAIN Sunan Ampel itu berpotensi meraup dukungan luas dari kalangan nahdliyin.

Duet Achsan juga tidak bisa dianggap remeh. PKB sebagai partai pengusung benar-benar menjadi modal utama mereka. Maklum, PKB adalah partai terbesar di Jatim. Belum lagi, sosok KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang berada di belakang duet Achsan, bisa menjadi pendongkrak suara duet itu. Bisa dikatakan, pilgub ini menjadi pertaruhan besar bagi Gus Dur. Apakah dia masih memiliki dukungan kuat di Jatim atau tidak.

Sementara itu, duet Karsa berpeluang besar meraih suara terbanyak karena sosok Soekarwo akrab di telinga publik Jatim sejak tiga tahun lalu. Ikon Pakde Karwo benar-benar membuat masyarakat penasaran dengan tokoh yang satu ini. Duet itu makin dikenal lewat beragam metode kampanye yang cukup atraktif.

Popularitas Soekarwo makin bertambah dengan masuknya Saifullah Yusuf. Sebagai salah satu kader NU tulen (ketua PP GP Ansor), dia mendapat banyak dukungan dari kalangan nahdliyin, khususnya kaum muda. Sebagian kiai berpengaruh di Jatim juga mendukung mereka.

Karena itu, cukup menarik untuk ditunggu siapa yang bakal memenangkan pertarungan hari ini.

Perhelatan pilgub hari ini berbarengan dengan pemilihan kepala daerah di empat kabupaten/kota di Jatim. Yakni, Kota Malang, Jombang, Bondowoso, dan Lumajang.

Anggota KPU Jatim Arif Budiman mengatakan, secara teknis tidak ada perbedaan dalam coblosan di empat daerah itu. "Yang berbeda hanya masalah tahap mencoblos," katanya.

Seperti apa? Dia menjelaskan, warga di empat daerah itu langsung mencoblos dua kali. Pertama mencoblos untuk pilgub, kedua memilih untuk pibup atau pilwali.

Karena itu, di seluruh TPS di empat daerah itu KPU menyediakan empat bilik dan dua kotak suara. Dua bilik dan satu kotak untuk pilgub, sisanya untuk pilbup/pilwali.


Diambil dari Jawa Pos, Rabu 23 Juli 08
Noersam

Selasa, 22 Juli 2008

Pesta Demokrasi Warga Jatim



Tinggal beberapa jam lagi Pesta Demokrasi pemilihan Gugernur Jatim akan dimulai. foto diatas adalah foto salah satu Cagub Dan Cawagub jatim yang akan bertanding ( kayak sepak bola aja ) dalam memperebutkan kursi panas di jatim. bukannya aku disini mendukung calon diatas tapi itu salah satu calon saja karena aku ndak punya foto yang lain..he2..

Banyak harapan yang ada dibenak saya dan di benak warga jatim semuanya terhadap para calon semuanya. yang pastinya setelah mereka jadi bisa membangun jatim kedepan menjadi yang lebih baik sebagaimana janji - janji mereka ketika Kampanye. ngomong memang mudah sekali, nulis program juga mudah tapi kertika sudah Tercapai segala impian ( jadi pemimpin ) mereka banyak yang lupa akan janjinya. tapi moga pemimpin jatim tidak seperti itu.

Tinggal berapa jam lagi juga harus ada yang rela dengan kekalahan dan bangga akan kemenangan. Tentunya kita berharap, proses demokrasi ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Bagaimana tidak, Jawa Timur merupakan daerah yang masuk kategori rawan konflik horizontal. Dan tentunya dibutuhkan kesadaran kita semua menjaga kondisi tetap kondusif. Pastinya kita tidak ingin konflik seperti Maluku Utara terjadi di Jawa Timur dan didaerah kita yang lain.

Pesta demokrasi itu menjadi sebuah pesta yang keji. Dimana beberapa nyawa melayang demi mendukung calon gubernur yang diusungnya. Ironis memang, dimana belum tentu calon yang dibela sebenarnya membelanya. Tentu kita semua sudah tahu, berapa banyak orang yang menghianati amanat dari pemilihnya, dimana tataran akar rumput berdarah-darah membelanya, sampai-sampai nyawa menjadi taruhan, namun nyatanya timbal balik tidak sepadan diberikan kepada rakyatnya.

Ketika jabatan telah ditangan, maka lupalah mereka akan kewajiban....

Tapi saya yakin apabila idealisme tetep dipegang semuanya itu tidak akan dilakukan.

Beberapa jam lagi saya NYOBLOS ndak ya?????????????????????????
Demi Jatim

" Selamat dan sukses PILGUB Jatim semoga bisa melahirkan sosok Pemimpin yang bisa mengemban amanah dan Tulodho ( contoh ) bagi warga Jatim "


noersam

UNDANGAN NGABAR ( Ngangring Bareng ) BLOGGER PONOROGO

Teruntuk rekan2 Blogger Kota Reyog yang berada di Ponorogo dan sekitarnya ataupun yang masih diperantauan dan ingin mudik ke Ponorogo kami mengharapkan kehadirannya dalam:
NgaBar (Ngangkring Bareng) Blogger Ponorogo

–Kopdar perdana Blogger Ponorogo–

besok pada:

Selasa, 29 Juli 2008

Pukul 19.00 (ga pake ngaret.. :) )

di Angkringan Jagung Bakar Aloon-aloon depan bioskop Apollo

Agenda:

Silaturahmi dan sharing,

Ngobrolin komunitas blogger Ponorogo,

dan tentunya makan jagung bakar…

Untuk kontak-kontakan dapat menghubungi dibawah ini:

Azaxs 081359204155 azaxs_new@yahoo.com

Wongbagoes 085233801344 willwee306@yahoo.com

NB:

1. Pengumuman ini sekaligus sebagai undangan
2. Untuk memudahkan komunikasi diharapkan dapat memberikan nomor kontak ke CP diatas.


Yuuuuuuukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

Senin, 21 Juli 2008

Fortasi PD IRM Ponorogo

Tahun ajaran baru telah tiba. dan saatnya IRM mengadakan FORTASI ( Forum Ta'aruf Siswa ) yang inti acaranya adalah pengenalan terhadap sekolah, organisasi sekolah, Almamater Sekolah, Al Islam, Keorganisasian. dll..dan juga saling mengenal antara sesama murid baru.

Tidak lepas juga PR IRM sekolah Muhammadiyah di seluruh Ponorogo juga mengadakan acara tahunan ( Fortasi ). sejak awal masuk sekolah kemaren acara fortasi sudah dilaksanakan tetapi pelaksanaannya tidak serentak. ada yang mulainya setelah 3 hari masuk sekolah. dan tugas dari PD IRM Ponorogo adalah sebagai pemateri di setiap materi Ke Organisasian atau Ke IRM-an. kebetulan aku kebagian di 3 sekolah. pertama kemaren di SMP Muh 3 Jetis yang pesertanya sekitar 150an , trus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Sekitar 250 Siswa dan yang terakhir di MA M 2 Yanggong yang pesertanya sekitar 40 anak. inti materi yang saya sampaikan adalah Keorganisasian, Motivasi untuk selalu berorganisasi n Ke IRM-an yang inti materinya perubahan nama. dari acara ini dapat tanggapan positif dari seluruh elemen yang ada di sekolah Muhammadiyah. yang tentunya dengan acara ini bisa menambah wawasan anak akan banyak hal.

Hingga saat ini masih ada beberapa sekolah yang masih mengadakan Fortasi hingga satu mingguan kedepan. jadi tugas kami masih banyak selain pemateri kami juga sebagai pemantau FORTASI. Bravo IPM......

NUr Sam

Kamis, 26 Juni 2008

Berita Bola: Basel - Jerman akhirnya berhasil melangkah ke final setelah mengalahkan Turki dengan skor 3-2. Ini merupakan final keenam Jerman sepanjang sejarah mereka di Piala Eropa.

Gol kemenangan Jerman diciptakan oleh Philipp Lahm di menit 90! Gol tersebut tercipta setelah Lahm overlapping dari belakang dan melakukan operan satu-dua dengan rekannya. Ia pun langsung menceploskan bola ke jala Rustu Recber dengan tenang.

Sebelumnya Semih Senturk sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah golnya di menit 86 membobol gawang Jerman. Gol tersebut tercipta setelah umpan silang menyusur tanah Sabri Sarioglu dari sayap kanan berhasil disambar Semih.

Turki sebenarnya sempat unggul lebih dulu melalui Urgu Boral dan disamakan Jerman melalui oleh Bastian Schweinsteiger. Der Panzer pun sempat kembali memimpin melalui Miroslav Klose.

Senin, 16 Juni 2008

Potret Pendidikan Kita










Sebuah Renungan Buwat kita yang peduli pendidikan kita

Ketua Komisi Pendidikan DPRD Jawa Tengan M. Iqbal Wibisono mengatakan, praktek kecurangan dalam ujian nasional bisa dilakukan oleh para pejabat dinas pendidikan. Sebab selama ini ada anggapan jika tingkat kelulusan siswa di suatu daerah rendah, maka daerah tersebut akan dianggap tidak maju. Sebaliknya, jika tingkat kelulusan tinggi maka daerah itu dianggap daerah yang maju. [TEMPO Interaktif, Senin, 21 April 2008]

Kasus kecurangan Ujian Nasional (UN) tampaknya merata di seluruh daerah. Forum Guru Garut (Fogar) menemukan kecurangan ujian yang diduga melibatkan Dinas Pendidikan Kab Garut. Menurut Ketua Fogar Dadang Johar, Jumat (25/4/2008), kecurangan dan kebocoran soal UN di Kab Garut terjadi dengan modus operandi yang lebih rapi dibandingkan tahun sebelumnya. [okezone.com, Jum'at, 25 April 2008]

Jakarta - Sedikitnya 26 guru, delapan kepala sekolah, dan 13 petugas tata usaha (TU) terlibat dalam kasus kecurangan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat. Mereka saat ini sudah ditahan oleh pihak berwajib, kata Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof Dr M Yunan Yusuf, kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (25/4) siang. [www.sinarharapan.co.id, Sabtu, 26 April 2008]

Liputan6.com, Medan: Sejumlah pengajar yang tergabung dalam Komunitas Air Mata Guru Medan melaporkan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional di berbagai kabupaten dan kota di Sumatra Utara. Hasil temuan kecurangan ini dilaporkan kepada Gubernur Sumut.

Mungkin beberapa kutipan berita diatas hanyalah sebagian kasus Kecurangan UN yang terjadi pada Ujian Akhir Nasional (UN) 2008. Memang Ujian Akhir Nasional (UN) yang dilakukan pada minggu kemarin dapat menggambarkan betapa buruknya sistem pendidikan nasional kita. Dan yang lebih mengherankan lagi sebagian kasus itu dilakukan oleh praktisi pendidikan misalnya: guru-guru di sekolah yang bersangkutan ataupun tidak menutup kemungkinan oleh dinas pendidikan di suatu daerah karena ada anggapan apabila hasil Ujian Akhir Nasional (UN) di suatu daerah rendah maka pendidikan di daerah tersebut kurang maju.
Hingga saat ini, ada dua kemungkinan mereka melakukan “tugas kotor” tersebut. Pertama, mereka melakukan untuk dibisniskan. Mereka menjual soal-soal Ujian Akhir Nasional (UN) kepada siswa dengan harga yang menggiurkan. Dan kedua, mereka melakukan itu karena mereka ingin semua siswa mereka dapat lulus Ujian Akhir Nasional (UN) karena mereka tidak mau melihat siswanya sedih hanya karena tidak lulus Ujian Akhir Nasional (UN). Seperti yang diberitakan pada salah satu SMA di daerah Medan tentang kasus kecurangan pada Ujian Akhir Nasional (UN), para guru sengaja membenarkan jawaban para murid karena mereka tidak mau melihat orang tua siswa bersedih akibat anak mereka tidak lulus Ujian Akhir Nasional (UN). Para guru itu juga menyalahkan pemerintah yang dianggap tidak adil karena dalam Ujian Akhir Nasional (UN) tersebut, ada pelajaran Bahasa Inggris yang ikut diujikan. Para guru itu menyebutkan jika untuk SMA di kota-kota besar mungkin tidak begitu mengkhawatirkan dengan mengujikan Bahasa Inggris karena banyak siswa-siswa yang dapat mengikuti les bahasa Inggris. Akan tetapi, untuk siswa mereka yang rata-rata orang tuanya hanyalah bekerja sebagai petani, bersekolah saja sudah bersyukur, apalagi untuk mengikuti les. Mungkin cukup membingungkan jika kecurangan Ujian Akhir Nasional (UN) disebabkan pada alasan kedua. Di satu sisi, mereka melakukannya karena dengan niat mulia, tetapi di satu sisi, mereka sama saja menghancurkan definisi pendidikan itu sendiri. Padahal mereka adalah salah satu orang yang berperan besar terhadap pendidikan di Indonesia. Lalu, siapa yang disalahkan dan apa yang harus kita lakukan?
Apakah pendidikan di Indonesia hanya seperti ini. Lalu bagaimana bisa kita mengejar pendidikan negara-negara maju jika dari pendidikan SMA saja sudah seperti ini. Kapankan Indonesia bisa menemukan sistem pendidikan yang memang benar-benar baik? Mungkin itulah tugas-tugas kita sebagai genarasi muda untuk memajukan negara ini. Begitu banyak “lubang-lubang” yang harus kita tambal untuk memajukan negara ini. Dan salah satunya adalah memperbaiki sistem pendidikan nasional, karena pendidikan adalah syarat bangkitnya suatu negara.


Itulah memang potret pendidikan kita. itu hanya sekelumit fakta. hanya sebatas UAN saja . bayangkan yang lainnya..soal guru, sistem, UU, dll.

Foto diatas sebagai ilustrasi kita. betapa bangganya mereka merayakan lulus setelah 3 tahun bergumul dengan kelas, buku, bolpoin dll. tetapi mungkin mereka tidak sadar bahwa kelulusan mereka bukan murni 100 % dari kerja mereka. ato mungkin yang kerja malah gurunya..dengan memanfaatkan teknologi yang ada sehingga semuanya bisa diatasi. red. HP. tapi sebuah harapan lahir dengan lulusnya mereka semoga persoalan yang semakin rumit bisa teratasi bukan malah sebaliknya. dengan mereka lulus malah menambahi beban negara. red . Pengangguran...Sukses aja ....


PONOROGO, LULUSAN 2008

Noersam
21.55

REKTOR BARU UNMUH PONOROGO

Kepemimpinan Rektor Unmuh Ponorogo memasuki masa akhir jabatan . Drs. H Sulton,M.Si akhirnya dilantik sebagai rektor Unmuh Ponorogo periode 2008-2012 menggantikan Zainun Sofwan. Sulton dilantik berdasarkan SK PP Muhammadiyah Nomor 93/KEP/I.0/D/2008.

Pelantikan yang digelar di Dome Unmuh Ponorogo kemarin (14/6) dihadiri segenap karyawan, civitas akademika seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta UKM termasuk dihadiri Prof. Dr. H Ahmad Mursidi, Apt (perwakilan PP Muhammadiyah). ''Terima kasih atas kepercayaaan yang telah diberikan kepada kami dan kami minta untuk kebersamaan memajukan program akademik Unmuh Ponorogo ke depan'', kata Sulton usai mendapat ucapan selamat dari para undangan yang hadir.

Sementara PP Muhammadiyah melalui Prof. Dr. H Ahmad Mursidi, Apt menyampaikan beberapa amanat kepada Rektor Unmuh Ponorogo yang baru. Dia mengingatkan Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan dakwah amar ma'ruf nahi munkar, beraqidah Islam dan bersumber pada Alquran dan sunnah. ''Kami berharap kepada rektor yang baru untuk membantu dalam rangka menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki kemampuan akademik dan atau profesional. Dalam menjalankan tugas juga dibutuhkan kebersamaan antar semua elemen.” (Sumber dari Radar Madiun dengan diedit seperlunya)


SELAMAT UNTUK Drs. H SULTON, M.Si, SEMOGA MAMPU MENJALANKAN TUGAS DENGAN SEBAIK-BAIKNYA. DEMI KEMAJUAN KAMPUS UNMUH PONOROGO.


Diambil dari website UMP

Minggu, 15 Juni 2008

>..Menjalankan Amanah ternyata lebih sulit.. daripada menilainya..<

Ketika aku menulis Judul Postingan saya diatas aku terinspirasi oleh banyaknya orang - orang yang sekarang duduk di posisi tertinggi ( dewan, bupati, gubernur atau bahkan presiden sekaligus ) yang dulunya mereka sangat idealis ( katakanlah ketika mereka mahasiswa ). tapi ketika mereka sudah duduk di posisi atas dan dibelenggu oleh sistem maka mereka yang dulunya sangat idealis bisa berubah 180 derajat. yang dulu menggembor - nggemborkan ulah pejabat yang korupsi mereka sekarang malah korupsi makan uang rakyat dan banyak contoh lain yang bisa kita liat dan nilai sekarang. tai kucing pokokya...
mereka yang dulu bangga dengan titel mahasiswa sekarang malah jadi bahan demonstrasi mahasiswa dan masyarakat.
Yang memang begitulah hidup ini. ada siang ada malam, ada cantik ada buruk dan lain sebagainya. ketika kita memangku suatu jabatan mungkin kita lupa, sehingga diri kita yang sebenarnya akan terkalahkan oleh jabatan kita.

Nur Sam
21.51.....buat para pejabat yang mulai hilang idealismenya..INSYAF ya....

Jumat, 13 Juni 2008

Kiat Jadi Penguasaha Menurut Purdie ( Primagama )

Berani mimpi menurut Purdi adalah cetak biru dari sebuah visi ke depan seorang wirausaha. Mimpi itu akan mensugesti seseorang untuk berhasil dan mengerahkan semua kemampuannya untuk mencapai visinya. Mimpi ini pula akan memotivasi bawahannya dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih dinamis.
Orang yang memiliki mimpi besar dicontohkan Purdi adalah Bill Gates yang bermimpi kelak di semua rumah di dunia akan memiliki computer. Atau juga Michael Dell yang bermimpi mengalahkan perusahaan komputer raksasa IBM. Mereka ini menurut Purdi orang yang yakin mimpinya akan jadi kenyataan dengan kerja keras.
Orang itu tidak pernah gagal, hanya saja dia berhenti mencoba, tukas pria yang mendapatkan gelar dari lembaga pendidikan yang dibentuknya sendiri. Purdi mengingatkan jika seorang ingin berhasil dalam bisnis harus berani mencoba. Situasi sulit justru membuat seorang wirausaha semakin tertantang.

Gagal dan berhasil ada dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Namun, bagaimana menyikapi sebuah kegagalan itu yang penting. Baginya, pengalaman gagal dapat dipergunakan untuk menemukan kekuatan baru agar bisa meraih kesuksesan kembali.

Mungkin saja kegagalan itu datang untuk memuliakan hati kita, membersihkan pikiran kita, memperluas wawasan kita, membersihkan pikiran kita dari keangkuhan dan kepicikan, serta untuk lebih mendekatkan diri kita pada Tuhan, kata pria yang mengaku pernah 10 kali gagal saat membuat restoran Padang.

Ini resep menurut purdie tentang wirausaha :

BODOL, BOTOL dan BOBOL
Purdi mengaku punya resep manjur bagi yang ingin berwirausaha, yaitu BODOL, BOTOL dan BOBOL. Mungkin masih kedengaran aneh di telinga, namun ia meyakinkan bahwa resep ini berguna bagi yang merasa ragu-ragu dan terlalu banyak perhitungan dalam berusaha yang malah menghambat rencana mereka untuk berwirausaha.

Jika orang bingung ketika memulai bisnis karena tak punya modal, menurut Purdi gunakan saja resep BODOL yaitu Berani, Optimis, Duit, Orang Lain. Dalam bisnis diperlukan keberanian dan rasa optimis. Jika tidak punya uang tidak ada salahnya pinjam duit orang lain. Pasti ada orang yang mau membiayai bisnis yang akan kita jalankan jika memang prospektif.

Kalau kita punya duit dan modal tapi tidak ahli di bidang bisnis, gunakan jurus BOTOL, tukas Purdi. Berani, Optimis, Tenaga, Orang Lain. Jika kita punya modal, kenapa tidak kita serahkan pada yang ahli di bidangnya sehingga bisnis tetap berjalan. Pendeknya kita tak harus menggunakan tenaga sendiri untuk menjalankan bisnis.

Resep terakhir adalah jurus BOBOL. yaitu Berani, Optimis, Bisnis, Orang, Lain. Ini dikeluarkan jika ide bisnis pun tak ada maka kita bisa meniru bisnis orang lain tambah Purdi. Ibaratnya, bisnis adalah seperti masuk ke kamar mandi yaitu dengan tidak banyak berpikir. Jika di kamar mandi airnya kurang hangat, semua bisa diatur hingga sesuai dengan keinginan kita.

MASA MAU JADI PEKERJA TERUS....

Senin, 09 Juni 2008

Demam EURO 2008




Perhelatan sepak bola akbar sesama negara - negara bergengsi di eropa sudah dimulai. ada 16 tim yang akan menunjukkan kebolehannya demi menjadi yang terbaik di ranah Eropa.
Tidak saja di tanah Eropa yang ikut meramaikan tradisi di eropa ini. hampir seluruh belahan dunia ikut menyaksikan perhelatan akbar ini.

Bahkan ada yang semalaman tidak tidur demi menyaksikan team2 mereka tanding di pentas itu. tidak sedikit yang juga taruhan uang atau entah apa untuk mendukung teamnya.

bagi saya hal tersebut adalah wajar saja. tetapi jangan sampai kita lupa waktu hanya untuk nonton bola. dan juga berjudi demi bola. menonton bola memang sebuah kesenangan tersendiri bagi mereka para penggila bola. sangat menyesal sekali bila kita tidak menonton satu demi satu pertandingan.karena moment ini tidak setiap hari kita saksikan dan mungkin ini adalah sebuah sejarah dalam sebuah persepakbolaan.

kalo kita menyaksikan dimana - mana hari ini yang diperbincangkan adalah seputar sepak bola Euro 2008. di warung kopi, di sekolah, kampus, di pangkalan becak, pangkalan ojek menjadi ramai akan berita bola. memang inilah fenomena para penggila bola dan para sok tahu akan sepak bola yang mewrnai kehidupan sekitar kita.

nur sam
00.04 saat menyaksikan Rumania VS Prancis

Semua Butuh Proses

NIKMATILAH DAN AMBIL PELAJARAN DARI SEBUAH PROSES

Sebenarnya yang harus kita nikmati dalam hidup ini adalah proses. Mengapa? Karena yang bernilai dalam hidup ini ternyata adalah proses dan bukan hasil. Kalau hasil itu ALLOH yang menetapkan, tapi bagi kita punya kewajiban untuk menikmati dua perkara yang dalam aktivitas sehari-hari harus kita jaga, yaitu selalu menjaga setiap niat dari apapun yang kita lakukan dan selalu berusaha menyempurnakan ikhtiar yang dilakukan, selebihnya terserah ALLOH SWT.

Seperti para mujahidin yang berjuang membela bangsa dan agamanya, sebetulnya bukan kemenangan yang terpenting bagi mereka, karena menang-kalah itu akan selalu dipergilirkan kepada siapapun. Tapi yang paling penting baginya adalah bagaimana selama berjuang itu niatnya benar karena ALLOH dan selama berjuang itu akhlaknya juga tetap terjaga. Tidak akan rugi orang yang mampu seperti ini, sebab ketika dapat mengalahkan lawan berarti dapat pahala, kalaupun terbunuh berarti bisa jadi syuhada.

Ketika jualan dalam rangka mencari nafkah untuk keluarga, maka masalah yang terpenting bagi kita bukanlah uang dari jualan itu, karena uang itu ada jalurnya, ada rizkinya dari ALLOH dan semua pasti mendapatkannya. Karena kalau kita mengukur kesuksesan itu dari untung yang didapat, maka akan gampang sekali bagi ALLOH untuk memusnahkan untung yang didapat hanya dalam waktu sekejap. Dibuat musibah menimpanya, dikenai bencana, hingga akhirnya semua untung yang dicari berpuluh-puluh tahun bisa sirna seketika.

Walhasil yang terpenting dari bisnis dan ikhtiar yang dilakukan adalah prosesnya. Misal, bagaimana selama berjualan itu kita selalu menjaga niat agar tidak pernah ada satu miligram pun hak orang lain yang terambil oleh kita, bagaimana ketika berjualan itu kita tampil penuh keramahan dan penuh kemuliaan akhlak, bagaimana ketika sedang bisnis benar-benar dijaga kejujuran kita, tepat waktu, janji-janji kita penuhi.

Dan keuntungan bagi kita ketika sedang berproses mencari nafkah adalah dengan sangat menjaga nilai-nilai perilaku kita. Perkara uang sebenarya tidak usah terlalu dipikirkan, karena ALLOH Mahatahu kebutuhan kita lebih tahu dari kita sendiri. Kita sama sekali tidak akan terangkat oleh keuntungan yang kita dapatkan, tapi kita akan terangkat oleh proses mulia yang kita jalani.

Ini perlu dicamkan baik-baik bagi siap pun yang sedang bisnis bahwa yang termahal dari kita adalah nilai-nilai yang selalu kita jaga dalam proses. Termasuk ketika kuliah bagi para pelajar, kalau kuliah hanya menikmati hasil ataupun hanya ingin gelar, bagaimana kalau meninggal sebelum diwisuda? Apalagi kita tidak tahu kapan akan meninggal. Karenanya yang paling penting dari perkuliahan, tanya dulu pada diri, mau apa dengan kuliah ini? Kalau hanya untuk mencari isi perut, kata Imam Ali, "Orang yang pikirannya hanya pada isi perut, maka derajat dia tidak akan jauh beda dengan yang keluar dari perutnya". Kalau hanya ingin cari uang, hanya tok uang, maka asal tahu saja penjahat juga pikirannya hanya uang.

Bagi kita kuliah adalah suatu ikhtiar agar nilai kemanfaatan hidup kita meningkat. Kita menuntut ilmu supaya tambah luas ilmu hingga akhirnya hidup kita bisa lebih meningkat manfaatnya. Kita tingkatkan kemampuan salah satu tujuannya adalah agar dapat meningkatkan kemampuan orang lain. Kita cari nafkah sebanyak mungkin supaya bisa mensejahterakan orang lain.

Dalam mencari rizki ada dua perkara yang perlu selalu kita jaga, ketika sedang mencari kita sangat jaga nilai-nilainya, dan ketika dapat kita distribusikan sekuat-kuatnya. Inilah yang sangat penting. Dalam perkuliahan, niat kita mau apa nih? Kalau mau sekolah, mau kuliah, mau kursus, selalu tanyakan mau apa nih? Karena belum tentu kita masih hidup ketika diwisuda, karena belum tentu kita masih hidup ketika kursus selesai.

Ah, Sahabat. Kalau kita selama kuliah, selama sekolah, selama kursus kita jaga sekuat-kuatnya mutu kehormatan, nilai kejujuran, etika, dan tidak mau nyontek lalu kita meninggal sebelum diwisuda? Tidak ada masalah, karena apa yang kita lakukan sudah jadi amal kebaikan. Karenanya jangan terlalu terpukau dengan hasil.

Saat melamar seseorang, kita harus siap menerima kenyataan bahwa yang dilamar itu belum tentu jodoh kita. Persoalan kita sudah datang ke calon mertua, sudah bicara baik-baik, sudah menentukan tanggal, tiba-tiba menjelang pernikahan ternyata ia mengundurkan diri atau akan menikah dengan yang lain. Sakit hati sih wajar dan manusiawi, tapi ingat bahwa kita tidak pernah rugi kalau niatnya sudah baik, caranya sudah benar, kalaupun tidak jadi nikah dengan dia. Siapa tahu ALLOH telah menyiapkan kandidat lain yang lebih cocok.

Atau sudah daftar mau pergi haji, sudah dipotret, sudah manasik, dan sudah siap untuk berangkat, tiba-tiba kita menderita sakit sehingga batal untuk berangkat. Apakah ini suatu kerugian? Belum tentu! Siapa tahu ini merupakan nikmat dan pertolongan dari ALLOH, karena kalau berangkat haji belum tentu mabrur, mungkin ALLOH tahu kapasitas keimanan dan kapasitas keilmuan kita.

Oleh sebab itu, sekali lagi jangan terpukau oleh hasil, karena hasil yang bagus menurut kita belum tentu bagus menurut perhitungan ALLOH. Kalau misalnya kualifikasi mental kita hanya uang 50 juta yang mampu kita kelola. Suatu saat ALLOH memberikan untung satu milyar, nah untung ini justru bisa jadi musibah buat kita. Karena setiap datangnya rizki akan efektif kalau iman kitanya bagus dan kalau ilmu kitanya bagus. Kalau tidak, datangnya uang, datangnya gelar, datangnya pangkat, datangnya kedudukan, yang tidak dibarengi kualitas pribadi kita yang bermutu sama dengan datangnya musibah. Ada orang yang hina gara-gara dia punya kedudukan, karena kedudukannya tidak dibarengi dengan kemampuan mental yang bagus, jadi petantang-petenteng, jadi sombong, jadi sok tahu, maka dia jadi nista dan hina karena kedudukannya.

Ada orang yang terjerumus, bergelimang maksiat gara-gara dapat untung. Hal ini karena ketika belum dapat untung akan susah ke tempat maksiat karena uangnya juga tidak ada, tapi ketika punya untung sehingga uang melimpah-ruah tiba-tiba dia begitu mudahnya mengakses tempat-tempat maksiat.

Nah, Sahabat. Selalulah kita nikmati proses. Seperti saat seorang ibu membuat kue lebaran, ternyata kue lebaran yang hasilnya begitu enak itu telah melewati proses yang begitu panjang dan lama. Mulai dari mencari bahan-bahannya, memilah-milahnya, menyediakan peralatan yang pas, hingga memadukannya dengan takaran yang tepat, dan sampai menungguinya di open. Dan lihatlah ketika sudah jadi kue, baru dihidangkan beberapa menit saja, sudah habis. Apalagi biasanya tidak dimakan sendirian oleh yang membuatnya. Bayangkan kalau orang membuat kue tadi tidak menikmati proses membuatnya, dia akan rugi karena dapat capeknya saja, karena hasil proses membuat kuenya pun habis dengan seketika oleh orang lain. Artinya, ternyata yang kita nikmati itu bukan sekedar hasil, tapi proses.

Begitu pula ketika ibu-ibu punya anak, lihatlah prosesnya. Hamilnya sembilan bulan, sungguh begitu berat, tidur susah, berbaring sulit, berdiri berat, jalan juga limbung, masya ALLOH. Kemudian saat melahirkannya pun berat dan sakitnya juga setengah mati. Padahal setelah si anak lahir belum tentu balas budi. Sudah perjuangan sekuat tenaga melahirkan, sewaktu kecil ngencingin, ngeberakin, sekolah ditungguin, cengengnya luar biasa, di SD tidak mau belajar (bahkan yang belajar, yang mengerjakan PR justru malah ibunya) dan si anak malah jajan saja, saat masuk SMP mulai kumincir, masuk SMU mulai coba-coba jatuh cinta. Bayangkanlah kalau semua proses mendidik dan mengurus anak itu tidak pakai keikhlasan, maka akan sangat tidak sebanding antara balas budi anak dengan pengorbanan ibu bapaknya. Bayangkan pula kalau menunggu anaknya berhasil, sedangkan prosesnya sudah capek setengah mati seperti itu, tiba-tiba anak meninggal, naudzhubillah, apa yang kita dapatkan?

Oleh sebab itu, bagi para ibu, nikmatilah proses hamil sebagai ladang amal. Nikmatilah proses mengurus anak, pusingnya, ngadat-nya, dan rewelnya anak sebagai ladang amal. Nikmatilah proses mendidik anak, menyekolahkan anak, dengan penuh jerih payah dan tetesan keringat sebagai ladang amal. Jangan pikirkan apakah anak mau balas budi atau tidak, sebab kalau kita ikhlas menjalani proses ini, insya ALLOH tidak akan pernah rugi. Karena memang rizki kita bukan apa yang kita dapatkan, tapi apa yang dengan ikhlas dapat kita lakukan. ***

Jumat, 06 Juni 2008

IRM Back To IPM

Senin, 02 Juni 2008

Membuat Overlay layouts FS


Gambar diatas adalah Friendsterku yang sudah dikostumisasi dengan overlay layouts. sangat beda jauh kan dengan friendster yang sebenarnya. ada banyak cara untuk memperindah layouts FS kita baik itu kita edit CSSnya maupun kita buat dengan cara overlay.
seperti gambar FS saya diatas adalah dengan cara overlay layouts. teman - teman sudah tahu apa itu overlay layouts???
lha ini pengertian dari overloay layouts :
“Dasar teknik overlay profile Friendster ini adalah seperti ini:
Saat browser kita me-load halaman profile Friendster, kita sisipkan suatu perintah javascript untuk memanggil halaman baru yang akan me-nimpal (meng-override atau meng-overlay) halaman profile Friendster kita yang asli. Dimana halaman baru ini merupakan suatu tampilan profile Friendster yang telah kita kostumasi sedemikian rupa agar tampak beda.”

Dimana yang dimaksud dengan ‘halaman baru’ ini adalah desain web (1 halaman) yang telah di-utak-atik agar mempunyai link-link atau hal-hal yang berkaitan dengan profil Friendster kita. Jadi, jika di halaman asli profil Friendster ada link untuk ‘View Comments’, ‘Add Comments’, ‘View Blog’, ‘Home’ dan sebagainya, maka kita buat juga link-link tersebut di desain web yang kita inginkan untuk meng-overlay (me-nimpal atau meng-override) halaman asli profil Friendster kita.
Jadi, kalo ingin bisa menggunakan teknik ‘Layout Overlay Friendster’ ini, setidaknya temen-temen harus punya bekal setidaknya mengetahui pengetahuan dasar mengenai html, dan lebih baik lagi mengenai css.

Oke, sampai sini saya harapkan temen-temen sudah ada gambaran mengenai apa yang akan kita lakukan.

Sebelum melangkah lebih lanjut, saya harapkan temen-temen sudah punya 1 desain halaman web yang bisa dipakai. Untuk masalah link-link untuk halaman baru, bisa di-save dari halaman asli profil Friendster temen-temen.

Setelah jadi desain web halaman baru tadi (ada link-link dan profil baru kamu, terserahlah…), uploadlah file-file gambar yang akan dipanggil oleh halaman tersebut ke layanan upload gambar gratis, semisal imageshack.us. Setelah selesai di-upload, jangan lupa mengganti link-link gambar di desain web halaman baru agar mengarah ke alamat gambar-gambar yang telah di-upload.

Setelah selesai, mari kita buka situs www.markyctrigger.com.

Di halaman www.markyctrigger.com, kita akan menemukan link-link berikut:

OGStandard v10.4
The most popular Overlay Generator for friendster. With the power of AJAX, OGstandard is the fastest among the other Overlay Generator for friendster. By using the Overlay Add-ons, you don’t need to worry about spawning your testimonials, friends, groups, blogs etc. plus! you can also have additional functionalities such as “who viewed your profile”,”anti-poser” etc.

OG++
OG++ enables you to apply external source code to overcome friendster character limitations. Like OGstandard, OG++ also supports friendster add-ons with no problems.

OGFlash
If you’re a flash master or you’re using flash to cover up your friendster profile, then this is the right Overlay Generator for you. With OGflash, Major friendster add-ons are supported inside your flash profile.

OGMultiply
Is an exclusive Overlay Generator for http://www.multiply.com. With OGmultiply, you can use multiply add-ons to spawn your contents easily. so what are you waiting for? take generate your code and take advantage with OGmultiply.

OGXanga
Is an exclusive Overlay Generator for http://www.xanga.com. OGxanga is currently on beta stage with no add-on support.

OGDownelink
Is an exclusive Overlay Generator for http://www.downelink.com. OGdownelink is currently on beta stage with no add-on support.

Ok, pasti pusing kan,… Hehe…
Yang jelas, untuk memakai overlay layout di friendster, kita bisa memakai OGstandard, OG++ dan OGflash. Perbedaan yang utama dari ketiga Overlay Generator (OG) tersebut adalah perbedaan peruntukan.

Dengan OGstandard, maka file halaman baru kita yang telah di-generate akan disimpan di Media Box di halaman http://www.friendster.com/editskin.php

Dengan OG++, maka file halaman baru kita yang telah di-generate akan disimpan di luar (dalam artian di situs atau alamat lain), dan hanya menyimpan file pemanggil halaman tersebut di Media Box. Jadi, dengan OG++, yang terjadi adalah redirect halaman profil friendster kita.

Sedangkan OGflash, dipergunakan untuk halaman baru kita yang mengandung animasi flash.

Klik pada Overlay Generator untuk men-generate halaman overlay kamu.
setelah ada kodenya udah tinggal Copi dan paste di media box.

jadi deh overlay fs kita......
bosen kalo fs kita layoutsnya cuma itu - itu saja..iya kan???????????

selamat mencoba
lebih enaknya temen - temen pelajari di friendstertalk.com
sebagai contoh fs overlay buka : http://profiles.friendster.com/41557172

nur sam
13.25

Di balik sebuah kegagalan

Success is simple. Do what’s right, the right way, at the right time. - Arnold H. Glasow

In order to succeed you must fail, so that you know what not to do the next time. - Anthony J. D’Angelo

Failure is success if we learn from it. - Malcolm Forbes

Kata-kata mutiara diatas adalah untuk menyemangati teman yang belum berhasil menggapai apa yang dicita-citakan.

Yang menarik pada kalimat kedua: untuk sukses maka anda harus gagal. Tidak selalu keagalan adalah hal negatif, gagal membuat kita tahu apa yang seharusnya kita lakukan dan apa yang tidak boleh kita lakukan.

Sedangkan pada kalimat ketiga: kegagalan itu adalah sukses bila kita belajar dari kegagalan tersebut. Jadi bila kita tidak belajar dari pengalaman (gagal) maka kegagalan hanya berarti kegagalan saja.


bersambung ya.......

" Hari Penuh Acara "

Hari ini capek sekali ya.......dari kemaren dah penuh dengan kegiatan. kerja di warnet n selanjutnya persiapan tuk acara Pelatihan Lazis PDM dan Sosialisasi Fortasi PD IRM Ponorogo.
Pagi tadi kuawali dengan persiapan pelatihan Lazis di Dome UMP. entah itu menata tempat, menyiapkan alat, dll. sekira tempat suah beres aku langsung meluncur k PDM karena di sana IRM juga da acara donor darah dan sosialisasi Fortasi. belum sempat berlama - lama di PDM aku harus segera meluncur ke Kecamatan sawoo untuk Turba disana. karena kebetulan hari ini tugas saya beserta team adalah d sawoo. 2 jam disana sudah cukup untuk sekedar menyampaikan isu - isu IRM terkini maupun sekedar curhat about IRm n memotivasi para kader - kader disana.
sekitar pukul sebelas aku meluncur ke dome kembali untuk mengikuti acara pelatihan hingga malam hari. belum sempat istirahat aku harus jaga warnet hingga pukul 12 naik. untuk menghilangkan rasa capek kubuka laptop tuk otak - atik grafis di corel draw n sekedar memperindah blogku. tetep semangat aja.........

Nur Sam
00.33

Jumat, 23 Mei 2008

MU Jawara di Eropa

Tiga Kali ke Final, Tiga Kali Juara
MOSKOW - Glory… glory… glory… Manchester United! Itulah sepenggal lagu yang dilantunkan secara kompak oleh ribuan pendukung Manchester United (MU) di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (22/5) dini hari WIB. Lagu kebesaran tim berjuluk Setan Merah itu menambah kemeriahan pesta kemenangan United atas musuh bebuyutannya, Chelsea, di final Liga Champions.

MU berhasil mengoleksi gelar juara Eropa setelah menaklukkan The Blues -julukan Chelsea- lewat drama adu penalti dengan skor 6-5 (1-1). Sukses itu merupakan torehan gemilang United. Betapa tidak, tiga kali masuk babak puncak, tiga kali pula Setan Merah sukses menjadi jawara.

Dua gelar sebelumnya diraih United pada 1968 dan 1999. Dua kemenangan itu juga diraih secara dramatis. Pada 1968, United harus melakoni adu penalti sebelum menaklukkan klub Portugal, Benfica, dengan skor 4-1. Sembilan tahun lalu (1999), United juara setelah menang 2-1 atas Bayern Munchen (Jerman)

"Malam ini sungguh luar biasa. Kami telah bekerja keras dan pantas mendapatkan (gelar) ini," kata Sir Alex Ferguson, pelatih United, dalam konferensi pers di Stadion Luzhniki seusai pertandingan.

Fergie, sapaan Ferguson, tampak sangat bergembira. Tubuhnya yang basah kuyup karena kehujanan diabaikan. Dia larut dalam euforia kemenangan. Sesi tanya jawab dengan wartawan pun berlangsung santai karena Fergie beberapa kali membuat pernyataan ringan yang memancing senyum.

"Saya sangat menikmati malam ini. Tak peduli harus kehujanan, saya menikmatinya," kata pelatih yang sudah dua dekade memimpin United itu.

Bagi Fergie, ini gelar kedua di ajang Liga Champions setelah musim 1999. Hanya, dia tidak mau membandingkan sukses timnya sekarang dengan prestasi sembilan tahun lalu. "Setiap pertandingan selalu berbeda. Prestasi saat itu (1999, Red) luar biasa dan sekarang kami mengulanginya," katanya.

Laga United melawan Chelsea berlangsung seru. Dua tim raksasa Inggris itu bermain agresif dan menciptakan banyak peluang. United unggul dulu pada menit ke-26 ketika heading Cristiano Ronaldo memanfaatkan umpan Wes Brown tak dapat diantisipasi kiper Chelsea Petr Cech.

Itu gol ke-42 Ronaldo untuk United di semua ajang musim ini. Gol tersebut sekaligus mengukuhkan bintang asal Portugal itu sebagai top scorer Liga Champions dengan koleksi 8 gol. Ronaldo juga menjadi pencetak gol terbanyak di pentas Premier League.

Chelsea menyamakan kedudukan di penghujung babak pertama lewat Frank Lampard. Sontekan pemain Timnas Inggris itu menaklukkan kiper Edwin Van Der Sar. Lampard nyaris mencetak gol kedua andai tendangannya di babak kedua tidak membentur tiang gawang United.

Skor 1-1 bertahan sampai wasit asal Slovakia Lubos Michel meniup peluit panjang waktu normal. Laga pun dilanjutkan lewat babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Fase ini diwarnai keluarnya kartu merah untuk penyerang Chelsea Didier Drogba. Pemain asal Pantai Gading itu menampar bek United Nemanja Vidic saat terjadi insiden di daerah pertahanan Chelsea.

Drama berlanjut dengan adu penalti. Chelsea berpeluang menang setelah Ronaldo, yang menjadi eksekutor ketiga United, gagal melaksanakan tugasnya. Tapi, peluang itu sirna karena John Terry yang menjadi eksekutor kelima Chelsea pun gagal. United memastikan gelar setelah penendang ketujuh Chelsea, Nicolas Anelka, tak mampu menaklukkan Van Der Sar.

PD IRM Ponorogo Tolak Kenaikan Harga BBM



Dalam rangka pemerintah mau menaikkan harga BBM yang hampir 200 % itu menggugah para kader Muda Muhammadiyah kabupaten ponorogo untuk ikut melakukan aklsi penolakan terhadap rencana pemerintah itu. dikarenakan dengan dinaikkannya harga BBM maka akan memperpanjang penderitaan rakyat indonesia. yang kaya ( kususnya pejabat ) akan tambah kaya dan yang miskin akan semakin terpuruk dan sulit untuk melakukan mobilitas sosial.
Berangkat dari fenomena itu PD IRM Ponorogo melakukan aksi damai di Gedung DPRD kab Ponorogo yang diikuti lebih dari 300 massa yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah Ponorogo. mereka menuntut agar pemerintah tidak meneruskan rencananya itu. berangkat dari Komplek Muhammadiyah pukul 08.00 lalu melewati Jalan Ahmad dahlan dan berhenti untuk melakukan Teatrikal di Bundaran Pasar Songgolangit, lalu diteruskan hingga menuju kantor DPRD Kab. Ponorogo. dikantor DPRD diterima oleh sekitar 5 Dewan yang intinya juga mereka sepakat dengan apa tuntutan kami. kami minta tuntutan kami ditandatangani oleh Ketua DPRD dan langsung di Fax kan di DPR RI..selain kami menuntut penolakan kenaikan haraga BBM kami juga menuntut Penurunan harga sembako, Penolakan BLT, Tolak liberalisme dan kapitalisme ekonomi.
Sekitar pukul 11.00 massa bubar dari gedung DPRD. dan kembali ke tempatnya masing - masing. demo berjalan dengan aman dan tertib karena pihak Polres Ponorogo menurunkan sekitar 100 anggotanya.

Nur Sam


Minggu, 11 Mei 2008

BEREBUT GELAR


Ambisi Rebut Double Winners
Wigan v Man. United (Matchday 38)
WIGAN - Perjuangan Manchester United memburu gelar Premier League berujung hari ini. Yakni, saat United melakoni laga pemungkas melawan tuan rumah Wigan Athletic di Stadion JJB (tayangan langsung ESPN-Astro pukul 21.00 WIB). Inilah laga terakhir yang sangat menentukan.

Pada tiga away terakhir di pentas Premier League, United meraih hasil kurang menggembirakan. Yakni, dua kali bermain imbang (2-2 dengan Middlesbrough dan 1-1 melawan Blackburn Rovers) serta kalah 1-2 dari Chelsea di Stamford Bridge pada 26 April lalu.

Namun, masih ada satu hal yang menguntungkan United. Yakni, posisi Wigan yang sudah aman dari ancaman degradasi. Dengan kata lain, The Latics -julukan Wigan- tidak terbebani harus meraih kemenangan karena sudah pasti bertahan di Premier League musim depan.

"Kami tidak terpengaruh dengan situasi yang berkembang di media. Kami akan tetap tampil fight dan merebut kemenangan. Gelar juara layak disematkan kepada kami," urai Sir Alex Ferguson, arsitek United, sebagaimana dikutip BBC.

Fergie -sapaan Ferguson- optimistis karena pemainnya dalam kondisi siap tempur meski minus Wayne Rooney. Striker andalan United itu sudah menunjukkan perkembangan signifikan terkait dengan cedera pinggul yang dialaminya. Fergie yakin bahwa Rooney berpeluang tampil sekalipun bukan sebagai starter.

United pun optimistis meraih hasil absolut di kandang Wigan. "Motivasi kami begitu tinggi saat ini, khususnya setelah menang atas Barcelona di Liga Champions (di leg kedua semifinal di Old Trafford pada 29 April lalu, Red)," tutur Rio Ferdinand, defender United, kepada Sportinglife.

Ferdinand yakin, timnya bakal meraih double winners (dua gelar juara) musim ini. "Kami tampil konsisten di ajang lokal (Premier League) maupun di Eropa (Liga Champions). Inilah momen terbaik bagi kami meraih prestasi di dua ajang itu," tegasnya.

Respons Wigan? Tuan rumah tetap berpotensi merepotkan United. Tampil di kandang sendiri pada laga terakhir menjadi kesempatan Emile Heskey dkk memberikan hiburan terbaik kepada fans mereka. Sementara, pemain Wigan yang bakal absen karena cedera dalam laga tersebut adalah Kevin Kilbane dan Mario Melchiot. "United memang tim tangguh, tapi kami tetap akan coba memberikan perlawanan sengit," ujar Steve Bruce, arsitek Wigan, seperti dilansir Sportinglife. (dns/ca)

Minggu, 20 April 2008

Jalan - Jalan ke Wonogiri





Refresing lagi...........
selagi masih muda jalan - jalan ah.............
biar aktifitas besuk lebih fresh n tambah semangat

Hari ini kubuat diriku sebebas - bebasnya
seakan beban semuanya lenyap......

Kamis, 03 April 2008

Apakah Ini Cobaan

Ya.....Allah kuatkanlah hati ini
Kuatkanlah langkah ini
untuk terus berjuang
berjuang atas nama ikatan
berjuang di Atas Jalanmu Ya Rabb

Mampukah kekuatanku
untuk menerima segala masalah ini
masalah satu belum selesei
timbul masalah baru

Apakah aku lemah
tak berdaya akan semua ini???

ya..allah berilah aku kekuatan
untuk menghadapi ini semua
dengan jiwa yang lapang
dengan penuh optimis

aku bukan pecundang
aku adalah pemenang..


nur Sam
10.43 pm

Rabu, 02 April 2008

" Haruskah ku menyerah dari kenyataan "

" Sebuah keberanian untuk melangkah membawa kita selangkah lebih
dekat dengan yang kita cari "


sesungguhnya manusia di ciptakan oleh Tuhan di dunia ini adalah sebagai kholifah. sebagai pengatur, sebagai pengelola dan sebagai pelindung dunia dari kerusakan . tapi dunia makin hari makin rusak oleh ulah tangan dan kaki manusia yang tidak bertanggung jawab. banjir dimana - mana juga dikarenakan oleh ulah manusia selain faktor alam.
Manusia diciptakan tidak selalu diberi kebahagian dan kesenangan. pasti di sela sela itu ada tantangan dan masalah yang harus dihadapi. beragam sikap yang ditunjukkan oleh manusia dalam menghadapi permasalahan hidup ini. ada yang mengeluh, ada yang menyerah pada kenyataan dan ada yang berani untuk melawan masalah yang ada.

kita termasuk yang mana???
1. yang penyerah trus kita jadi pecundang dan kalah dengan masalah kita
2. Atau kita yang berani mengambil resiko terhadap permasalahan yang kita hadapi..

Penulis termasuk orang yang punya beragam masalah yang harus dihadapi. tetapi terus mencoba untuk tetap berani mengambil setiap resiko yang telah diambilnya. yang pasti kita harus berani dulu..tapi jangan cuma berani tanpa pertimbangan. kita punya otak boss??? kita juga harus berfikir sebelum bertindak.

masalah akan selalu ada
hidup ini memang rangkaian dari banyak masalah
tetap semangat...

Nur Samsudin
Ketika jaga warnet 22.26 am

Film Fitna buat Geram Umat Islam

lagi - lagi islam dianggap sebagai agama yang penuh dengan kekerasan. dan islam dianggap sebagai sumber kerusuhan dimana - mana. film fitna yang dibuat oleh anggota parlemen sayap-kanan Belanda membuat geram warga muslim di berbagai belahan dunia. karena film yang berdurasi 15 menit ini penuh dengan kontroversial. yang intinya islam itu penuh dengan kekerasan.
Banyak yang dirugikan dengan adanya film tersebut. terutama pemerintahan belanda. di malaysia produk yang berlebel belanda disegel. di Indonesia juga. warga jawa barat yang berkebun kentang tidak lagi mengimpor kentang yang benihnya dari belanda sehingga diperkirakan Belanda akan mengalami banyak kerugian. di Indonesia apabila Film fitna tetap diputar di situs YouTube maka situs itu akan ditutup.
bagaimana sikap kita sebagai umat islam???apakah kita marah terhadap belanda???
pertama, rasa amarah, kekesalan dan sebagainya itu adalah sesuatu yang wajar ada. Langkah selanjutnya, kita tidak boleh mengalirkan perasaan tersebut pada tindak-tindak anarkis. Kita harus mengalirkan amarah tersebut untuk tindakan yang diplomatif. Akan lebih baik jika kita secara santun dan tegas meminta pemerintah belanda dan seluruh dunia untuk mengecam film tersebut. Selanjutnya, kita harus secara berkesinambungan menunjukkan citra islam sebagai agama yang benar-benar rahmatan lil alamin. Tunjukkan hal itu dalam akhlak keseharian kita. Tunjukkan hal tersebut dalam sikap politis kita. Tunjukkan hal tersebut dengna ketulusan karena mengahrapkan ridho Allah SWT.

Islam bukanlah agama kekerasan. Islam adalah agama yang penuh kedamaian. Kalaupun dikatakan bahwa kita akan menguasai dunia. Ya, tapi tidak dengan cara memusnahkan umat-umat yang lain melainkan dengan cara mengayomi umat tersebut dalam naungan islam supaya seluruh bumi mencapai kemakuran yang hakiki. Allah hanya memperkenankan kekerasan manakala kita terlebih dahulu yang diserang. Itupun kita masih dilarang oleh Allah untuk membalasnya secara berlebihan. Kita punya hak untuk membalasnya naum tetap secara proporsional. Diluar itu, Allah tetap mengatakan bahwa bersabar itu lebih baik bagi kita. Mari kita contoh perilaku rasulullah yang senantiasa bersabar manakala dirinya dihina, diintimidasi, diancam, dilempari kotoran dsb. Mari kita tunjukkan bahwa islam memang benar-benar agama rahmatan lil alamin.


Ponorogo, 2 April 2008.....20 47 pm

Nur Samsudin

Kok Banyak Kendala ya..

Hari - hari ini kurasakan beda dengan hari - hari yang dulu. dulu aku yang bahagia, yang setiap hari bisa bermain. tapi sekarang kurasakan suatu perberdaan yang sungguh berarti. dan aku ayakin sekarang aku dah besar, udah kuliah n mungkin aku sekarang udah dewasa dan tidak menutup kemungkinan permasalahan demi permasalahan akan datang. entah dari mana yang pasti setiap hari pasti ada.
Tapi biarlah permasalahan itu ada dan biarlah aku hadapi dengan lapang dan penuh dengan pertimbangan. mungkin ini sebagai jalan aku menuju dewasa.

Sabtu, 29 Maret 2008

Pemilihan Rektor UNMUH Ponorogo

Pemilihan Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo berlangsung hangat. Tiga bakal calon yaitu Drs. Jusuf Harsono, M.Si, Sujiono,SE MM dan Drs.H. Sulthon, M.Si memperebutkan suara dari wakil Senat sebanyak 17 suara. Acara di mulai pukul 09.00-14.00 WIB dengan penyampaian visi misi dari masing-masing calon, kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog tanya jawab. Dalam sesi ini masing-masing calon terlihat sangat antusias dalam menjawab tiap pertanyaan. Dan diakhir acara diadakan pemungutan suara dengan sistem pencoblosan.

Skor dari masing-masing calon sbb:

  1. Drs. Jusuf Harsono, M.Si mendapat 8 suara

  2. Sujiono, SE MM mendapat 1 suara

  3. Drs.H.Sulthon, M.Si mendapat 8 suara

Dari hasil pemungutan suara tersebut selanjutnya dikirim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Pendidikan Tinggi dan Pengembangan untuk mendapatkan rekomendasi Rektor definitif dari salah satu calon tersebut. Siapapun yang menjadi Rektor Unmuh mendatang, besar harapan mampu mengemban tugas dengan sebaik-baiknya dan mampu menjadikan kampus ini lebih baik dari sebelumnya.



harapan saya sebagai mahasiswa di lingkungan kampus unmuh ponorogo semoga dengan dipilihnya rektor baru nanti bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik sehingga unmuh bisa menciptakan kader - kader penerus bangsa......Bravo UMP

Jelang Pilgub Jatim 2008

Surabaya - Meskipun tahapan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) molor dari jadwal semestinya, namun KPUD Jatim menjamin tanggal pemilihan gubernur tidak ada perubahan, yaitu tetap tanggal 23 Juli 2008. KPUD mengakui jika molornya proses tahapan ini karena pencairan dana dari pemerintah provinsi yang juga molor.

Tahapan yang mundur antara lain Pemuktahiran Data Pemilih, penyerahan data pemilih, pelantikan PPK dan PPS. Namun hari pencoblosan, pendaftaran dan penetapan calon tidak berubah.

"Rapat pleno setuju dengan perubahan tahapan. Karena tadi ada problem anggaran, dalam beberapa hari ke depan keluar jadwal tahapan yang baru," kata Didik Prasetyono anggota KPUD Jatim kepada wartawan disela-sela rapat pleno di Hotel Sahid Surabaya, Selasa (4/3/2008).

Dana untuk pelaksanaan pemilihan orang nomor satu di Jatim ini masuk ke rekening KPUD pada tanggal 19 Februari lalu. Padahal tahapan pemilu dimulai sejak tanggal 3 Januari 2008.

"Penyesuaian ini sedikit menganggu. Kalau tidak direvisi tahapannya ini bisa menjebak kita, bisa kacau. Untuk tahapan berikutnya memang ada ketersediaan dana dan kita tidak berani berharap dana talangan," ujarnya.

KPUD juga memundurkan proses pelelangan barang dan jasa untuk pilgub. Tapi kata alumni Unair ini akan melaksanakan pelelangan dalam waktu dekat ini. Dan komitmen mereka lelang ini akan dilakukan secara terbuka.

"Komitemen kami akan dilakukan secara terbuka. Dan kami tidak bisa menunggu karena ketidaksempurnaan ini menganggu kinerja kami," tuturnya.

Jumlah pemilih itu kata Didik adalah kunci dari keberhasilan pemilu. Kalau daftar pemilihnya rapi dan tidak ada problem maka pemilu bisa dikatakan lancar. KPUD kata Didik melakukan perbaikan terhadap jumlah pemilih. Di beberapa daerah jumnlah pemilih jauh lebih banyak dari jumlah penduduk.

"Kami berusaha keras agar tahapan pilgub biasa berjalan walau ada kendala dalam soal anggaran dan jumlah pemilih," tandasnya.

Revisi Tahapan Pilgub

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jatim akan merevisi tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim. Sebab, data Daftar Pemilih Pemilu Potensial (DP4) masih bermasalah dan pencairan anggaran masih lambat. Keputusan merevisi tahapan pilgub itu, akan diputuskan Rabu (5/3) besok.

Tahapan-tahapan yang akan direvisi itu di antaranya, pemutakhiran data dan daftar pemilih, penyampaian Daftar Pemilih Sementara (DPS) ke Panitia Pemungutan Kecamatan/Suara (PPK/PPS), pengesahan DPS, koreksi DPS, dan penyampaian DPS menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sementara tahapan yang tidak akan direvisi di antaranya, jadwal minggu tenang, pencoblosan, dan kampanye.

Ketua Divisi Logistik KPUD Jatim, Didik Prasetyono saat dihubungi di Surabaya Selasa (4/3) menjelaskan, terlambatnya pencairan anggaran sangat berpengaruh pada tahapan pilgub. Seharusnya, anggaran pilkada turun sebelum 3 Januari, nyatanya baru cair 19 Februari. Padahal, tanggal 3 Januari sudah mulai tahapan pembentukan PPK/PPS.

"Karena anggaran telat cairnya, akhirnya berimbas pada tahapan pilgub. Karena itu, kami akan merevisi beberapa tahapan," kata Didik..

Beberapa tahapan yang akan direvisi merupakan tahapan yang berhubungan langsung dengan pemilih dan menjadi kunci utama tahapan pilgub. Didik mencontohkan, data yang amburadul seperti yang terjadi di Pacitan. Di mana daftar jumlah pemilih lebih banyak dari jumlah penduduknya.

Imbas lain pada tahapan pilgub, yaitu pada pengadaan logistik pilgub. Proses lelang kebutuhan logistik baru akan dilakukan pada 10 Maret, dengan mengumumkannya melalui media.

"Semestinya pengadaan itu bisa dilakukan dengan penunjukkan langsung, mengingat waktunya yang sudah mepet. Tapi kami lebih memilih berhati-hati dengan mengadakan lelang," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Propinsi Jatim menemukan data yang bermasalah saat memverifikasi administrasi sementara DP4. Yakni, nama desa tak tercantum dalam DP4, pemilih tak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tempat serta tanggal lahir yang jelas, pemilih ganda, keterangan alamat pemilih tak jelas, dan banyak ditemukan data pemilih yang memiliki NIK tetapi terdapat huruf T (tambahan).

Salah satunya terjadi di Sidoarjo terdapat empat desa (Siring, Jatirejo, Renokenongo, Kedungbendo) yang sudah tenggelam akibat lumpur di Porong, Sidoarjo sejak 29 Mei 2006, tetapi masih muncul nama-nama pemilihnya.

Senin, 11 Februari 2008

SAY " NO " VALENTINE DAY

ADA APA DI HARI VALENTINE DAY ????

Pada bulan Februari, kita selalu menyaksikan media massa, mal-mal, pusat-pusat hiburan bersibuk-ria berlomba menarik perhatian para remaja dengan menggelar pesta perayaan yang tak jarang berlangsung hingga larut malam bahkan hingga dini hari. Semua pesta tersebut bermuara pada satu hal yaitu Valentine’s Day. Biasanya mereka saling mengucapkan “selamat hari Valentine”, berkirim kartu dan bunga, saling bertukar pasangan, saling curhat, menyatakan sayang atau cinta karena anggapan saat itu adalah “hari kasih sayang”. Benarkah demikian?

SEJARAH VALENTINE’S DAY

The World Book Encyclopedia (1998) melukiskan banyaknya versi mengenai Valentine’s Day :
“Some trace it to an ancient Roman festival called Lupercalia. Other experts connect the event with one or more saints of the early Christian church. Still others link it with an old English belief that birds choose their mates on February 14. Valentine’s Day probably came from a combination of all three of those sources–plus the belief that spring is a time for lovers.”

Perayaan Lupercalia adalah rangkaian upacara pensucian di masa Romawi Kuno (13-18 Februari). Dua hari pertama, dipersembahkan untuk dewi cinta (queen of feverish love) Juno Februata. Pada hari ini, para pemuda mengundi nama–nama gadis di dalam kotak. Lalu setiap pemuda mengambil nama secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk senang-senang dan obyek hiburan. Pada 15 Februari, mereka meminta perlindungan dewa Lupercalia dari gangguan srigala. Selama upacara ini, kaum muda melecut orang dengan kulit binatang dan wanita berebut untuk dilecut karena anggapan lecutan itu akan membuat mereka menjadi lebih subur.

Ketika agama Kristen Katolik masuk Roma, mereka mengadopsi upacara ini dan mewarnainya dengan nuansa Kristiani, antara lain mengganti nama-nama gadis dengan nama-nama Paus atau Pastor. Di antara pendukungnya adalah Kaisar Konstantine dan Paus Gregory I (lihat: The Encyclopedia Britannica, sub judul: Christianity). Agar lebih mendekatkan lagi pada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St.Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari (lihat: The World Book Encyclopedia 1998).

The Catholic Encyclopedia Vol. XV sub judul St. Valentine menuliskan ada 3 nama Valentine yang mati pada 14 Februari, seorang di antaranya dilukiskan sebagai yang mati pada masa Romawi. Namun demikian tidak pernah ada penjelasan siapa “St. Valentine” termaksud, juga dengan kisahnya yang tidak pernah diketahui ujung-pangkalnya karena tiap sumber mengisahkan cerita yang berbeda.
Menurut versi pertama, Kaisar Claudius II memerintahkan menangkap dan memenjarakan St. Valentine karena menyatakan tuhannya adalah Isa Al-Masih dan menolak menyembah tuhan-tuhan orang Romawi. Maha Tinggi Allah dari apa yang mereka persekutukan. Orang-orang yang mendambakan doa St.Valentine lalu menulis surat dan menaruhnya di terali penjaranya.

Versi kedua menceritakan bahwa Kaisar Claudius II menganggap tentara muda bujangan lebih tabah dan kuat dalam medan peperangan dari pada orang yang menikah. Kaisar lalu melarang para pemuda untuk menikah, namun St.Valentine melanggarnya dan diam-diam menikahkan banyak pemuda sehingga iapun ditangkap dan dihukum gantung pada 14 Februari 269 M (lihat: The World Book Encyclopedia, 1998).

Kebiasaan mengirim kartu Valentine itu sendiri tidak ada kaitan langsung dengan St. Valentine. Pada 1415 M ketika the Duke of Orleans dipenjara di Tower of London, pada perayaan hari gereja mengenang St.Valentine 14 Februari, ia mengirim puisi kepada istrinya di Perancis. Kemudian Geoffrey Chaucer, penyair Inggris mengkaitkannya dengan musim kawin burung dalam puisinya (lihat: The Encyclopedia Britannica, Vol.12 hal.242 , The World Book Encyclopedia, 1998).

Lalu bagaimana dengan ucapan “Be My Valentine?” Ken Sweiger dalam artikel “Should Biblical Christians Observe It?” (www.korrnet.org) mengatakan kata “Valentine” berasal dari Latin yang berarti : “Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat dan Yang Maha Kuasa”. Kata ini ditujukan kepada Nimrod dan Lupercus, tuhan orang Romawi. Maka disadari atau tidak, -tulis Ken Sweiger- jika kita meminta orang menjadi “to be my Valentine”, hal itu berarti melakukan perbuatan yang dimurkai Tuhan (karena memintanya menjadi “Sang Maha Kuasa”) dan menghidupkan budaya pemujaan kepada berhala. Dalam Islam hal ini disebut Syirik, artinya menyekutukan Allah Subhannahu wa Ta’ala. Adapun Cupid (berarti: the desire), si bayi bersayap dengan panah adalah putra Nimrod “the hunter” dewa Matahari. Disebut tuhan Cinta, karena ia rupawan sehingga diburu wanita bahkan ia pun berzina dengan ibunya sendiri!

Saudaraku, itulah sejarah Valentine’s Day yang sebenarnya, yang seluruhnya tidak lain bersumber dari paganisme orang musyrik, penyembahan berhala dan penghormatan pada pastor. Bahkan tak ada kaitannya dengan “kasih sayang”, lalu kenapa kita masih juga menyambut Hari Valentine? Adakah ia merupakan hari yang istimewa? Adat? Atau hanya ikut-ikutan semata tanpa tahu asal muasalnya?. Bila demikian, sangat disayangkan banyak teman-teman kita remaja putra-putri Islam yang terkena penyakit ikut-ikutan mengekor budaya Barat dan acara ritual agama lain. Padahal Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman: “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertangggungjawabnya” (Al Isra’ : 36).

HUKUM MERAYAKAN HARI VALENTINE

Keinginan untuk ikut-ikutan memang ada dalam diri manusia, akan tetapi hal tersebut menjadi tercela dalam Islam apabila orang yang diikuti berbeda dengan kita dari sisi keyakinan dan pemikirannya. Apalagi bila mengikuti dalam perkara akidah, ibadah, syi’ar dan kebiasaan. Padahal Rasul Shallallaahu alaihi wa Salam telah melarang untuk mengikuti tata cara peribadatan selain Islam: “Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut.” (HR. At-Tirmidzi).

Bila dalam merayakannya bermaksud untuk mengenang kembali Valentine maka tidak disangsikan lagi bahwa ia telah kafir. Adapun bila ia tidak bermaksud demikian maka ia telah melakukan suatu kemungkaran yang besar. Ibnul Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata, “Memberi selamat atas acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka, telah disepakati bahwa perbuatan tersebut haram. Semisal memberi selamat atas hari raya dan puasa mereka, dengan mengucapkan, “Selamat hari raya!” dan sejenisnya. Bagi yang mengucapkannya, kalau pun tidak sampai pada kekafiran, paling tidak itu merupakan perbuatan haram. Berarti ia telah memberi selamat atas perbuatan mereka yang menyekutukan Allah. Bahkan perbuatan tersebut lebih besar dosanya di sisi Allah dan lebih dimurkai dari pada memberi selamat atas perbuatan minum khamar atau membunuh. Banyak orang yang kurang mengerti agama terjerumus dalam suatu perbuatan tanpa menyadari buruknya perbuatan tersebut. Seperti orang yang memberi selamat kepada orang lain atas perbuatan maksiat, bid’ah atau kekufuran maka ia telah menyiapkan diri untuk mendapatkan kemarahan dan kemurkaan Allah.”

Abu Waqid Radhiallaahu anhu meriwayatkan: Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam saat keluar menuju perang Khaibar, beliau melewati sebuah pohon milik orang-orang musyrik, yang disebut dengan Dzaatu Anwaath, biasanya mereka menggantungkan senjata-senjata mereka di pohon tersebut. Para sahabat Rasulullah n berkata, “Wahai Rasulullah, buatkan untuk kami Dzaatu Anwaath, sebagaimana mereka mempunyai Dzaatu Anwaath.” Maka Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda, “Maha Suci Allah, ini seperti yang diucapkan kaum Nabi Musa, ‘Buatkan untuk kami tuhan sebagaimana mereka mempunyai tuhan-tuhan.’ Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, sungguh kalian akan mengikuti kebiasaan orang-orang yang ada sebelum kalian.” (HR. At-Tirmidzi, ia berkata, hasan shahih).

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah ketika ditanya tentang Valentine’s Day mengatakan :
“Merayakan hari Valentine itu tidak boleh, karena: Pertama: ia merupakan hari raya bid‘ah yang tidak ada dasar hukumnya di dalam syari‘at Islam. Kedua: ia dapat menyebabkan hati sibuk dengan perkara-perkara rendahan seperti ini yang sangat bertentangan dengan petunjuk para salaf shalih (pendahulu kita) – semoga Allah meridhai mereka. Maka tidak halal melakukan ritual hari raya, baik dalam bentuk makan-makan, minum-minum, berpakaian, saling tukar hadiah ataupun lainnya.

Hendaknya setiap muslim merasa bangga dengan agamanya, tidak menjadi orang yang tidak mempunyai pegangan dan ikut-ikutan. Semoga Allah melindungi kaum muslimin dari segala fitnah (ujian hidup), yang tampak ataupun yang tersembunyi dan semoga meliputi kita semua dengan bimbingan-Nya.”
Maka adalah wajib bagi setiap orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat untuk melaksanakan wala’ dan bara’ ( loyalitas kepada muslimin dan berlepas diri dari golongan kafir) yang merupakan dasar akidah yang dipegang oleh para salaf shalih. Yaitu mencintai orang-orang mu’min dan membenci dan menyelisihi (membedakan diri dengan) orang-orang kafir dalam ibadah dan perilaku.

Di antara dampak buruk menyerupai mereka adalah: ikut mempopulerkan ritual-ritual mereka sehingga terhapuslah nilai-nilai Islam. Dampak buruk lainnya, bahwa dengan mengikuti mereka berarti memperbanyak jumlah mereka, mendukung dan mengikuti agama mereka, padahal seorang muslim dalam setiap raka’at shalatnya membaca,
“Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (Al-Fatihah:6-7)
Bagaimana bisa ia memohon kepada Allah agar ditunjukkan kepadanya jalan orang-orang yang mukmin dan dijauhkan darinya jalan golongan mereka yang sesat dan dimurkai, namun ia sendiri malah menempuh jalan sesat itu dengan sukarela.

Lain dari itu, mengekornya kaum muslimin terhadap gaya hidup mereka akan membuat mereka senang serta dapat melahirkan kecintaan dan keterikatan hati. Allah Subhannahu wa Ta’ala telah berfirman, yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Al-Maidah:51)
“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya.” (Al-Mujadilah: 22)

Ada seorang gadis mengatakan, bahwa ia tidak mengikuti keyakinan mereka, hanya saja hari Valentine tersebut secara khusus memberikan makna cinta dan suka citanya kepada orang-orang yang memperingatinya.
Saudaraku! Ini adalah suatu kelalaian, padahal sekali lagi: Perayaan ini adalah acara ritual agama lain! Hadiah yang diberikan sebagai ungkapan cinta adalah sesuatu yang baik, namun bila dikaitkan dengan pesta-pesta ritual agama lain dan tradisi-tradisi Barat, akan mengakibatkan seseorang terobsesi oleh budaya dan gaya hidup mereka.

Mengadakan pesta pada hari tersebut bukanlah sesuatu yang sepele, tapi lebih mencerminkan pengadopsian nilai-nilai Barat yang tidak memandang batasan normatif dalam pergaulan antara pria dan wanita sehingga saat ini kita lihat struktur sosial mereka menjadi porak-poranda.

Alhamdulillah, kita mempunyai pengganti yang jauh lebih baik dari itu semua, sehingga kita tidak perlu meniru dan menyerupai mereka. Di antaranya, bahwa dalam pandangan kita, seorang ibu mempunyai kedudukan yang agung, kita bisa mempersembahkan ketulusan dan cinta itu kepadanya dari waktu ke waktu, demikian pula untuk ayah, saudara, suami …dst, tapi hal itu tidak kita lakukan khusus pada saat yang dirayakan oleh orang-orang kafir.

Semoga Allah Subhannahu wa Ta’ala senantiasa menjadikan hidup kita penuh dengan kecintaan dan kasih sayang yang tulus, yang menjadi jembatan untuk masuk ke dalam Surga yang hamparannya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa. Semoga Allah Subhannahu wa Ta’ala menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang disebutkan:
“Kecintaan-Ku adalah bagi mereka yang saling mencintai karena Aku, yang saling mengunjungi karena Aku dan yang saling berkorban karena Aku.” (Al-Hadits).

sumber:
http://www.alsofwah.or.id/?pilih=lihatannur&id=222

MET ULTAH YA....

Segenap jiwa lantunkan kemerduan suara hati
Lembut mengalun sambut hari bahagiamu
Segala panjat doa dan harap terukir untukmu
Semoga tercapai segala cita dan cintamu

Hari ini kuingin ada sebuah kebahagiaan
Terpancar dari bening sorot matamu
Saat kuucapkan tulus dari palung hati yang terdalam
Selamat Ulang Tahun …

Kepakkan sepasang sayapmu
Kokohkan jejak langkahmu
Gapai segala angan yang menjelma dihati
Panjat suci doaku kan selalu menyertaimu

Andai saja kelak ku tak berarti lagi
Izinkan aku menghiasi mimpi indahmu
Menjadi bayang-bayang harimu
Yang ‘kan selalu membilas air matamu

Jawara Liga Indonesia

Sejarah Baru, Sriwijaya FC Kawinkan Gelar
JUARA GANDA: Kiper Sriwijaya FC Ferry Rotinsulu mengangkat trofi Liga Djarum Indonesia (LDI) 2007 disambut teriakan suka cita anggota tim di Stadion Jalak Harupat, Bandung, tadi malam.
BANDUNG - Sejarah baru ditorehkan Sriwijaya FC Palembang di pentas sepak bola Indonesia. Tim berjuluk Laskar Wong Kito itu mencatatkan diri sebagai tim pertama yang berhasil menyandingkan gelar juara Copa Indonesia dan Liga Indonesia (Ligina).

Sejarah itu dibukukan Sriwijaya FC setelah mengalahkan PSMS Medan 3-1 (1-0) di final Ligina XIII di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Bandung, tadi malam. Sebelumnya Sriwijaya FC sukses merebut gelar Copa Indonesia III. Gelar itu digapai usai mengalahkan Persipura Jayapura di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 13 Januari lalu melalui adu penalti.

"Gelar yang sangat membanggakan. Kami semua pasti akan mengenang semua ini. Apa yang kami raih ini merupakan buah kerja sama semua komponen di Sriwijaya FC, termasuk suporter," kata Charis Yulianto, bek Sriwijaya FC, dengan nada penuh haru.

Kemenangan Sriwijaya FC tadi malam tidak diraih dengan mudah. Mereka harus menggapainya lewat perjuangan superberat. Sebab, Carlos Renato dkk harus menyelesaikan pertandingan hingga 120 menit.

Pertarungan melelahkan hingga perpanjangan waktu itu karena pada masa normal Sriwijaya FC hanya mampu bermain imbang 1-1. Sebenarnya mereka mampu leading saat pertandingan baru berjalan 15 menit berkat gol Anoure Obiora.

Laskar Wong Kito unggul jumlah pemain sejak menit ke-44, menyusul dikartumerahnya Murphy Kumonple. Kartu merah yang didapat benteng PSMS itu seiring dua kartu kuning yang dikantonginya. Meski jumlah pemain kurang satu, ternyata Ayam Kinantan -julukan PSMS- mampu merobek jala Sriwijaya FC lewat James Koko Lomel pada menit ke-69.

Kemenangan Sriwijaya FC baru ditentukan di masa perpanjangan waktu. Keith Kayamba Gumbs menceploskan bola pada menit 107, serta gol Zah Rahan ketika pertandingan tersisa enam menit. Gol Zah Rahan sendiri tercipta karena blunder kiper PSMS Markus Horison yang maju ke gawang Sriwijaya FC.

"Tak ada yang salah dengan tim kami. Pemain sudah bekerja luar biasa, meski hanya dengan sepuluh pemain. Sriwijaya FC memang tampil sangat bagus malam ini (tadi malam, Red). Mereka layak mendapatkan gelar ini," tutur Freddy Muli, pelatih PSMS.

"Kami hanya sedikit beruntung dibanding PSMS. Mereka juga telah menunjukkan permainan yang sangat luar biasa," timpal pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan.

Dengan gelar ganda yang telah dipersembahkan pemain, manajemen Sriwijaya FC tak mau berlama-lama mengambil sikap. Mereka mengakui bakal mempertahankan komposisi tim saat ini.

"Pemain telah memberi bukti. Tentu kami akan memberikan apresiasi. Kami akan mempertahankan semua pemain, kecuali sang pemain itu ingin melanjutkan karir di tim lain," ujar Baryadi, manajer Sriwijaya FC.

Selain itu, guyuran bonus dikucurkan kepada anak-anak Sriwijaya FC. Dengan begitu, pundi-pundi uang pemain Sriwijaya FC semakin menebal. Sebab, sebelumnya mereka telah digerojok bonus saat sukses menahbiskan diri sebagai juara Copa Indonesia III. "Bonus sudah pasti ada. Tapi, jumlahnya kami tidak bisa menyebutkannya," tutur Baryadi.

Dari kubu PSMS, sosok yang bisa ditunjuk sebagai biang kegagalan adalah Markus Horison, kiper PSMS. Sebab, kiper Timnas itu mengambil keputusan sangat berani ke daerah pertahanan Sriwijaya ketika mendapat tendangan sudut. Dengan perhitungan yang matang, lini belakang Sriwijaya berhasil membuang bola ke arah Zah Rahan dan diteruskan ke gawang PSMS yang sudah kosong.

Padahal, dengan limit waktu itu, tim Ayam Kinantan sebenarnya memiliki peluang untuk membalas kegagalan. Namun, karena merasa waktunya sudah terbatas, dia memilih berspekulasi. "Saya pikir perjuangan PSMS sudah maksimal. Dengan rentetan masalah yang ada, bisa tampil di babak final dan mampu menjadi runner up adalah hasil yang luar biasa," katanya.

"Tidak hanya itu, kami juga tampil dengan sepuluh pemain sejak menit ke-44. Bisa menyamakan hasil adalah perjuangan yang sangat berat," sambung Markus.

Disinggung soal gol kedua dan ketiga yang bersarang ke gawangnya, Markus mengaku itu terjadi karena hal biasa. Dia mengatakan bahwa tendangan sudut susah diantisipasi. "Gol pertama saya pikir terjadi karena memang kesulitan mengantisipasi," tuturnya. Soal gol ketiga, pria kelahiran 14 Maret 1981 itu menganggap dia harus mengambil tindakan itu karena sudah tertinggal. Dia juga tidak merasa ragu-ragu ketika memutuskan untuk naik ke pertahanan Sriwijaya.

"Kekalahan dengan skor 1-0 atau lebih kan sama saja hasil akhirnya. Karena itu, saya berusaha membantu mengejar ketinggalan. Tetapi, hasilnya tidak sesuai dengan harapan," ucapnya. Freddy Muli, pelatih PSMS, tidak ingin mencari kambing hitam. Dia menganggap semua sudah maksimal.(fim/pen)


Sumber : Jawa Pos