==== Life is Better when Share====

Kamis, 16 Desember 2010

Wikileaks

Akhir - akhir ini Situs WikiLeaks menggegerkan kancah internasional dengan pengungkapan 250 ribu dokumen kawat diplomatik rahasia milik Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat sejak akhir bulan lalu.

Pembeberan kawat diplomatik tersebut membuat pemerintah Amerika Serikat meradang. Pendiri WikiLeaks Julian Paul Assange pun diburu hingga akhirnya ia ditahan.

oia pada tahu ndak wikileaks itu apa sich ?? berdasarkan dari pencarian saya di wikipedia, nie.. seputar tentang wikileaks yang sempat menggegerkan dunia itu :

Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke http://www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan.

Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks.Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.

WikiLeaks telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk New Media Award dari majalah Economist untuk tahun 2008. Pada bulan Juni 2009, WikiLeaks dan Julian Assange memenangkan UK Media Award dari Amnesty International (kategori New Media) untuk publikasi tahun 2008 berjudul Kenya: The Cry of Blood – Extra Judicial Killings and Disappearances, sebuah laporan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya tentang pembunuhan oleh polisi di Kenya. Pada bulan Mei 2010, New York Daily News menempatkan WikiLeaks pada peringkat pertama dalam "situs yang benar-benar bisa mengubah berita".

Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan.Selanjutnya, pada Oktober 2010, hampir 400.000 dokumen Perang Irak dibocorkan oleh situs ini. Pada November 2010, WikiLeaks mulai merilis kabel diplomatik Amerika Serikat.

itu seputar wikileaks semoga bisa menambah pengetahuan kita.


5 komentar:

aciid !!!!!! mengatakan...

wah bahay bnget klo sampe bocor -.-'

Andioka mengatakan...

makasih infonya kang..

salam.

andinoeg mengatakan...

nice info

Sukadi Brotoadmojo mengatakan...

walau ada beberapa negara yang menentang, tapi keberadaan wikileaks sendiri cukup membuat penasaran, dan banyak orang yang kepingin mengetahui dokumen2 rahasia...

http://www.ayobaca.com mengatakan...

@ Aciid : iyap..pasti bahaya itu kan dokumen rahasia semua
@ Andioka : yo'i sob...
@ andinoeg : maksih..life is better when share
@ sukadi : iya benar sekali banyak orang semakin penasaran tentang itu semua

Posting Komentar