==== Life is Better when Share====

Kamis, 06 Januari 2011

Wisata Kuliner di Pantai Depok Yogyakarta

Pantai depok, terletak di pantai selatan Bantul, merupakan salah satu tempat alternatif untuk wisata kuliner dengan menu spesial masakan ikan segar. Pantai depok mulai berkembang tahun 1997, ketika beberapa nelayan asal Cilacap menemukan tempat pendaratan ikan, yang kemudian memotivasi warga setempat untuk ikut menangkap ikan.
Pantai Depok tidak begitu jauh dari Jogja, sekitar 25-30 km ke arah selatan, menyusuri jalan Parang Tritis dan membelok ke arah barat sebelum loket wisata Parang Tritis.

Di antara pantai-pantai lain di wilayah Bantul, Pantai Depok-lah yang tampak paling dirancang menjadi pusat wisata kuliner menikmati sea food. Di pantai ini, tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan sea food, berderet tak jauh dari bibir pantai. Beberapa warung makan bahkan sengaja dirancang menghadap ke selatan, jadi sambil menikmati hidangan laut, anda bisa melihat pemandangan laut lepas dengan ombaknya yang besar.

Beberapa hari yang lalu saya bersama teman s
aya mengunjungi salah satu tempat wisata di Yogyakarta ini. udara yang segar khas pantai langsung menyapa kedanganku. ternyata walaupun tak sekondang Parang Tritis pantai ini juga sangat ramai dikunjungi wisatawan. kebetulan kedanganku kali ini tidak terlalu siang sehingga masih bisa melihat banyak nelayan yang baru pulang dari melaut dengan banyak hasil tangkapan yang siap di jual ke para pengunjung pantai. Para pengunjung punya kesempatan untuk memilih ikan hasil tangkapan dengan sistem tawar menawar,,he he..dan hasil dari pembelian dari para pengunjung bisa langsung dibawa pulang dan dimasak dirumah atau bisa dimasakkan di warung yang berjejeran di sepanjang pantai. mantap pokoknya dengan hidangan ikan segar goreng / atau bakar yang menggoyang lidah dan harga yang cukup terjangkau..

nie foto - foto hasil jepretanku beberapa waktu yang lalu :

Ramainya pengunjung di Pantai Depok :


Nelayan sedang menantang ombak :



Para Nelayan pulang dari melaut dan menyandarkan kapal :


Saling bantu membantu :



Walaupun tak seberapa ini adalah barokah para nelayan dan pembeli siap membelinya :



Ikan segar tadi telah menjadi masakan mak nyus..monggo didahar..manpap..



Take action..



Mantap kan untuk segera dikunjungi apabila anda semua berkunjung di Yogyakarta. dan

Hidangan sea food biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Jika ingin memesannya, anda bisa menuju tempat pelelangan ikan untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, anda biasanya akan diantar menuju salah satu warung makan yang ada di pantai itu oleh salah seorang warga. Tak perlu khawatir akan harga mahal, setengah kilo ikan cakalang plus minuman seperti yang YogYES cicipi, hanya dijual Rp 22.000,00 termasuk jasa memasak.

Puas menikmati hidangan sea food, anda bisa keluar pantai dan berbelok ke kanan menuju arah Parangkusumo dan Parangtritis. Di sana, anda akan menjumpai pemandangan alam yang langka dan menakjubkan, yaitu gumuk pasir. Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, anda bisa menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun.

Gumuk pasir yang terdapat di dekat Pantai Depok terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik. Dahulu, ada beragam tipe yang terbentuk, yaitu barchan dune, comb dune, parabolic dune dan longitudinal dune. Saat ini hanya beberapa saja yang tedapat, yaitu barchan dan longitudinal. Angin laut dan bukit terjal di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk. artikel from here .

bila anda datang kesini tempat ini tidak terlalu jauh dari jantung kota Yogyakarta.


12 komentar:

Pakeko mengatakan...

Saya juga pernah ke sana. Wisata Pantai yang lengkap! Salam!

Zainul Abidin mengatakan...

nasi bungkus..nasi bungkus...
jualan nasi bungkus gak laku kali ya mas..
Pernah kesana sekali, pengen kesana lagi tapi waktu tidak mencukupi.

andinoeg mengatakan...

jadi pengen ke jogja lagi

zee mengatakan...

Wah pasti segar banget ya, masak langsung ikan yang didapat.
Sudah lama saya tidak begitu. Jadi rindu saya dengan udara laut...

Sukadi Brotoadmojo mengatakan...

dulu waktu sama teman-teman kesana pas cuaca cearah, jadi bisa puas menikmati keindahannya.
apalagi ada ikan segar yang baru turun dari kapal nelayan, makin lengkap wisata+kuliner nya he.he..

cucuharis mengatakan...

Wah, ke Yogya aja saya malah belum pernah
Kalo ke Bogor, ntar liput kuliner Mie Janda ya! :D

iip albanjary mengatakan...

Dulu pernah main ke-sana,
sepertinya sekarang jadi lebih terawat dan rapi :)

winterwing mengatakan...

gimana hasil tangkapannya? kayaknya kurang ya?

sarahtidaksendiri mengatakan...

enak tuh...mmmhhh

Reza Saputra mengatakan...

loh kaose kok blogger warok? rumahe mana mas?

noersam mengatakan...

@ reza : saya nak ponorogo..ya jelas anak blogger warok..he he..

Jogja Empat Roda mengatakan...

nice picture gan,.

pantai Depok tetap istimewa dengan ciri khasnya sendiri,.
pelabuhan, pasar ikan, seafood dengan harga ekonomis rasa fantastis,.
:) :) :)

Sewa Mobil Lepas Kunci Murah di Jogja

Karimun Estilo | All New Picanto (th 2010 - 2012)
Sewa Mobil Murah Jogja - Lepas Kunci
12 jam : Rp. 175.000
24 jam : Rp. 225.000
Sewa Mobil Jogja Mingguan : Rp. 1.350.000

Nissan March Matic | All New Avanza (th 2012)
Sewa Mobil Jogja Lepas Kunci
12 jam : Rp. 225.000
24 jam : Rp. 275.000
Sewa Mobil Jogja Mingguan : Rp. 1.725.000

Avanza Matic (th 2009 - 2012)
Sewa Mobil Jogja Lepas Kunci
12 jam : Rp. 200.000
24 jam : Rp. 250.000
Sewa Mobil Jogja Mingguan : Rp. 1.550.000

Avanza | Xenia | Luxio (th 2009 - 2012)
Sewa Mobil Jogja Lepas Kunci
12 jam : Rp. 200.000
24 jam : Rp. 250.000
Sewa Mobil Jogja Mingguan : Rp. 1.550.000

Grand Livina | Yaris (th 2011 - 2012)
Sewa Mobil Jogja Lepas Kunci
12 jam : Rp. 250.000
24 jam : Rp. 300.000
Sewa Mobil Jogja Mingguan : Rp. 1.900.000

http://www.jogjaempatroda.blogspot.com/
http://www.sewamotorjogja.com/

Posting Komentar