==== Life is Better when Share====

Rabu, 05 Januari 2011

INdustri MICE

Hampir satu setengah tahun saya mengenal dan berkecimpung dalam dunia Hospitallity industry kususnya di industri perhotelan. banyak hal yang aku pelajari tentang dunia ini, dan salah satu yang baru aku tahu dan sangat erat hubungannya dengan Hotel.
Setelah baca - baca majalah Venue ternyata industri MICE sangat erat hubungannya dengan Hotel, seperti di tempat saya bekerja di salah satu Hotel Berbintag di Jogja. JOgja memang salah satu destinasi dari sekian banyak tempat di JOgja, dan ternyata bisa menerima dan mengadakan acara yang berkelas International. seperti di Hotel saya beberapa bulan yang lalu menerima tamu dan mengadakan meeting di hotel tempat saya bekerja. Asean meeting, Uni Eropa meeting, Perjanjian Bilateral sering diadakan di sini ( Sheraton Mustika Jogjakarta ). dan menurut saya dengan meredanya aktifitas merapi kali ini Jogja akan semakin menarik di kunjungi unduk mengadakan acara MICE ini.

Apa industri MICE itu sendiri )

MICE, singkatan bahasa Inggris dari "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition" (Indonesia: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Akhir-akhir ini telah suatu kecenderungan pada para pelaku pasar pariwisata untuk mengganti istilah ini menjadi " The Meetings Industry".

Apakah bisnis ni sudah digarap dengan sepenuhnya di Indonesia ?

menurut saya belum terjamah dengan baik di Indonesia. Padahal dunia MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju. Dunia MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang menjanjikan. Namun baru sedikit sekali pihak Indonesia yang mau bermain di dunia MICE. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang MICE di Indonesia. Namun di Indonesia sudah mulai ada lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan tentang MICE. Di antaranya adalah Universitas Indonesia. Berada di bawah departemen Antropologi FISIP UI, ada jurusan D3 Pariwisata (sekarang Vokasi Pariwisata dibawah Fakultas Vokasi Universitas Indonesia), yang memiliki tiga pilihan konsentrasi antara lain perhotelan, usaha jasa perjalanan wisata budaya/travel, dan MICE. Untuk konsentrasi MICE, diketuai oleh Ibu Aris Miyati Nasution. Beliau adalah pakar MICE Indonesia, dan dapat disebut sebagai salah satu sesepuh dunia MICE Indonesia. Selama satu tahun konsentrasi mahasiswa akan diberikan berbagai teori tentang dunia MICE yang sangat besar potensinya. Dunia MICE di Indonesia masih sangat besar potensinya untuk digali sedalam mungkin. Banyak negara yang sudah menjadikan dunia MICE sebagai salah satu potensi wisatanya.

Seperti Jepang dengan "Tokyo Motor Show", Jerman dengan "Frankfurt Motor Show", dan lain sebagainya. Bahkan berbagai biro perjalanan wisata telah membuat paket wisata mengunjungi berbagai event MICE di berbagai belahan dunia. Ini adalah potensi bisnis yang besar. Dunia MICE memiliki multiplier effect yang sangat besar. Sangat banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dari adanya event MICE di suatu negara. Puluhan roda industri di dunia akan berputar dengan baik karena ada event MICE. Pihak pihak yang akan mendapat keuntungan dari event MICE antara lain:

Dan menurut saya indutry MICE di Indonesia masih banyak terkendali oleh SDM kita yang belum tahu dan paham akan Industry ini. bila industry dikemas dengan baik dan didukung SDM yang terampil, banyak perusahaan asing yang melirik Indonesia sebagai tempat MICE. dan tentunya incomenya sangat besar.....

Sekedar sharing dan berbagi ilmu tentang dunia MICE


9 komentar:

Gaphe mengatakan...

baru tahu singkatan MICE itu apaan.. sering banget nemuin MICE-MICE gitu di promo hotel-hotel. hehe

briyudistira mengatakan...

nice...
right... setuju bila industry dikemas dengan baik dan didukung SDM yang terampil, banyak perusahaan asing yang melirik Indonesia sebagai tempat MICE.
maju terus.. sukses slalu

mrpall mengatakan...

sip.......emang harus gitu yah............

Manajemen Emosi mengatakan...

wahhh belum terlalu ramai ni industri ginian di pekanbaru...mmmm butuh sdm handal dan kerja sama yang solit...mantapp

Sriyono Semarang mengatakan...

Tunggu kalao nanti saya jadi walikotanya Semarang, akan kugarap betul tuh MICE nya... :)
kunjungan balik, salam sukses dari Semarang

ok mengatakan...

termasuk sya yg baru tau adanya industri MICE :D nice sharing kang

Dwi mengatakan...

wah, ternyata kerja dihotel ya sob. mungkin perlu dukungan dari pemerintah agar masyarakat lebih memahami tentang indutry MICE ini sob.

noersam mengatakan...

@ gaphe : benar sekali banyak di hotel hotel mengadakan promo ini..sharing yaw
@ briyudistira : sip..memang kendalanya banyak di promosi dan SDM
@ mrpall : sip tenan
@ managemen emosi : seharusnya githu sob..moga segera tergalakkan
@ sriyono : wah kutunggu beneran lho..
@ ok : ok..sharing
@ dwi : yup..kerja d hotel ''betul sekali

Anonim mengatakan...

Ibu Aris itu dosen gw di D3 Pariwisata UI, Semoga semangat beliau mengembangkan industri MICE di Indonesia menular kepada generasi muda.

Posting Komentar