==== Life is Better when Share====

Rabu, 02 Februari 2011

Manfaat Buah Pisang

Buah yang mudah dicari dan dijumpai ini ternyata mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. ketika saya baca baca majalah saat fitnes tadi siang ternyata banyak ilmu yang aku dapat tentang buah yang rasanya manis ini.

Perlu diketahui bahwa buah pisang mempunyai banyak sekali kandungan zat-zat yang berguna bagi tubuh,diantaranya :

Pisang mengandung tiga jenis gula alami yaitu: Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa. Zat-zat ini dapat memberikan tambahan sokongan energi langsung yang cukup banyak dan mempunyai indeks gilkemik rendah yang baik bagi aktivitas otak.
Karbohidrat, karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang merupakan karbohidrat kompleks yang menyediakan energi yang lebih cepat diserap tubuh dibandingkan dengan nasi roti dan biskuit.Jadi, makanlah pisang jika malas makan nasi.

Zat Besi, karena tinggi akan zat besi,buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) yang sangat baik, khususnya untuk penderita ANEMIA.

Zat Potassium yang cukup tinggi dan rendah garam, sehingga sangat baik untuk tekanan darah agar menjadi lebih baik. Zat ini juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan penyakit Strooke. Potasium merupakan mineral penting yg dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat kita sedang mengalami STRES (gangguan pikiran yg dapt mengakibatkan gangguan badan), tingkat metabolisme menjadi naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya.

Zat Asam Semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, zat ini sangat bagus buat anda yang menderita penyakit jantung.
Di samping zat-zat di atas, pisang juga masih banyak mengandung zat penting lainnya, diantaranya: Tryptphan, sejenis protein yg diatur tubuh menjadi Serotonin, diketahui dapat membawa efek relax, Vitamin B6 & B12, kadar fiber yang dapat membantu program diet untuk mengempiskan bagian perut, Magnesium dll.
Seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 2.300 mg potasium perhari. Sedangkan yang sering ditemukan, orang hanya mengkonsumsi kurang lebih 1.500 mg potasium per hari.

Nie diantara manfaat dari buah ini :

1. Anemia

Pisang tinggi zat besi yang merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mengatasi anemia.

2. Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis memiliki kandungan kalium yang tinggi tetapi rendah garam, sehingga sempurna untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Badan Obat dan Makanan US (FDA) mengizinkan produsen buah ini mengklaim pisang menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

3. Meningkatkan konsentrasi

Kemampuan belajar siswa yang makan pisang saat sarapan dan makan siang terpacu karena kandungan kalsium tinggi dalam pisang. Kalsium berfungsi membantu meningkatkan konsetrasi dan kewaspadaan.

4. Sembelit

Tinggi kadar serat yang membantu menormalkan pencernaan dan membantu mengatasi sembelit tanpa obat-obatan laksatif.

5. Depresi

Para penderita depresi merasa lebih baik setelah makan pisang. Sebab, pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa relaks, memperbaiki mood dan membuat bahagia.

6. Obat Mabuk

Cara termudah untuk mengobati rasa sakit dan mual akibat mabuk adalah dengan milkshake pisang dicampur madu. Pisang menenangkan perut dan madu meningkatkan kembali gula darah.

7. Penyakit Jantung

Pisang memiliki efek antasid, sehingga bila merasa hati seperti terbakar, makan pisang akan meringankan rasa sakit. Makan pisang secara teratur dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40 persen.

8. Morning Sickness ( Mual pada wanita hamil )

Mengemil pisang di antara waktu makan besar membantu menjaga kadar gula dan mencegah mual-mual pada wanita hamil.

9. Gigitan Nyamuk

Sebelum menggunakan krim anti-gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam pisang kulit pisang. Ini akan mengurangi pembengkakan dan iritasi.

10. Saraf

Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasiumnya.

11. PMS ( Nyeri haid )

Vitamin B6 dalam pisang mengontrol tingkat glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda menjelang menstruasi.

12. Merokok

Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba berhenti merokok. Tingkat vitamin C, A, B6, dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek racun nikotin.

13. Pengendali Suhu Tubuh

Pisang berfungsi sebagai makanan ‘pendingin’ yang memperbaiki kondisi fisik dan emosional ibu. Pisang dapat menurunkan suhu dalam kandungan dan membantu bayi lahir dengan suhu tubuh tidak tinggi.

14. Maag dan Luka Usus

Pisang mencegah maag dan luka akibat gangguan pencernaan karena tekturnya yang lembut. Pisang satu-satunya makanan yang membantu mengatasi ulkus over-kronis dan menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

15. Obat Kutil

Pisang adalah obat alami untuk menghilangkan kutil. Letakkan kulit bagian dalam pisang pada kutil dan plester.



8 komentar:

bloggerbabel mengatakan...

Wah ternyata sangat banyak toh manfaat buah yang satu ini. Tadinya saya kira hanya untuk melancarkan pencernan. Karena kalau untuk yang satu itu manfaatnya sangat cepat terasa.

Imtikhan mengatakan...

salam persahabatan

jadi bermanfaat sekali ya buah pisang

Tutorial Blog mengatakan...

postingan yang bagus kawan
komplit infonya

cucuharis mengatakan...

Salam persohiblogan
Lama tak nongol di dunia penuh warna ini

Bayi aja bagus kalo makan pisang
Kita juga :)

ciwir mengatakan...

pisang emang josss

berita agam mengatakan...

ane penggemar pisang gan,, :D
thank untuk share ilmunya...

Yuseran, SKM. mengatakan...

tanks infonya,

obat herbal mengatakan...

banyak juga manfaat dari buah pisang ini

Posting Komentar